IBU RUMAH TANGGA DITANGKAP-Upal 10 Juta Dijual Rp 5 Juta

MERAPI-BAGUS S AKBP Arief Bahtiar menunjukkan barang bukti upal dan tersangka
MERAPI-BAGUS S
AKBP Arief Bahtiar menunjukkan barang bukti upal dan tersangka

KEBUMEN (MERAPI) – Ny SR (61) ibu rumah tangga warga Campursari Bulu Temanggung, diamankan ketika hendak melakukan transaksi jual uang palsu (upal) di barat Alun-alun Kebumen, Minggu (12/8) sekitar pukul 20.00 WIB. Disita pula 100 lembar upal pecahan 100.000 yang sedianya akan dijual SR kepada warga Kebumen dengan harga Rp 5 juta.
Tersangka yang memiliki KTP dengan alamat Pinangranti, Jakarta Timur, itu ditangkap di depan sebuah minimarket. Barang bukti ditemukan di dalam mobil AB 1900 AZ yang disewa tersangka.
“Upal disimpan sangat rapi di mobil yang digunakan tersangka. Berkat kejelian petugas, berhasil ditemukan upal yang dimasukkan ke dalam boneka kecil, dan boneka kecil berisi upal dimasukkan lagi ke boneka yang lebih besar,” ungkap Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar bersama Kasat Reskrim AKP Aji Darmawan saat gelar perkara kasus tersebut di Mapolres Kebumen, Selasa (14/8).

Polisi masih mengembangkan kasusnya karena ada pengakuan upal dibeli dari orang berinisial E warga Semarang. Kepada polisi, tersangka mengaku 2 kali bertemu E di Terminal Temanggung. Pertemuan pertama, diberi contoh upal pecahan 100.000 sebanyak 2 lembar.
Pertemuan kedua di tempat yang sama, SR melakukan pembelian upal dengan harga Rp 3 juta untuk 100 lembar upal pecahan 100.000. Pelaku membeli upal karena sudah memiliki calon pembeli yang dikenalnya dengan panggilan Bu Haji warga Kebumen.

Bu Haji dikatakan berani membeli Rp 5 juta untuk 100 lembar upal pecahan 100.000. “Saya melakukannya karena terdesak kebutuhan untuk menghidupi dua anak. Saya tahu kalau palsu,” ujar SR.
Kapolres Temanggung AKBP Arief Bahtiar mengatakan, tersangka diancam pidana penjara paling lama 10 tahun sesuai Pasal 36 Ayat (2) jo Pasal 26 Ayat (2) UU RI Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang.
Kapolres kemudian mengimbau masyarakat waspada dengan uang palsu, pastikan keasliannya dengan dilihat, diraba dan diterawang, serta menganjurkan memiliki alat deteksi uang palsu, terutama bagi pedagang.  (Skm)

Read previous post:
ilustrasi
Motor Pelaku Begal Tanpa Plat Nomor

TEMPEL (MERAPI)- Petugas Polsek Tempel kesulitan untuk mendeteksi dua pelaku begal yang merampas motor korban Krisna Apriliandoko (20) warga Klinyo,

Close