Tiga Calon Jamaah Haji Cadangan Siap Diberangkatkan

SUKOHARJO (MERAPI) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo berangkatkan sebanyak tiga calon jamaah haji cadangan pada 14 Agustus mendatang. Ketiganya dipastikan berangkat setelah menyelesaikan semua persyaratan seperti dokumen dan pelunasan pembayaran.

Kepala Kemenag Sukoharjo Ihsan Muhadi, Minggu (12/8) mengatakan, total ada lima calon jamaah haji cadangan masuk dalam perhitungan keberangkatan pada Tahun 2018. Namun dari jumlah tersebut hanya tiga orang saja yang akhirnya siap diberangkatkan. Ketiganya menyatakan siap pada petugas dengan melakukan pelunasan pembayaran dan melengkapi dokumen administrasi persyaratan. Sedangkan dua calon jamaah haji sisanya mereka tidak diberangkatkan karena atas permintaan sendiri.

Keduanya menyatakan belum siap diberangkatkan haji tahun ini bukan karena pelunasan biaya. Sebab mereka sudah melunasi namun belum siap terhadap faktor lainnya. Meski tidak diberangkatkan sekarang namun keduanya tetap masuk jadwal keberangkatan pada tahun berikutnya.

Kemenag Sukoharjo tidak mempermasalahkan kedua calon jamaah haji cadangan tidak diberangkatkan. Sebab ditegaskan Ihsan berangkat haji membutuhkan persiapan dari segala hal baik jasmani maupun rohani. Termasuk juga kesiapan melunasi biaya pemberangkatan.

Sebanyak tiga orang calon jamaah haji cadangan asal Sukoharjo tersebut masuk dalam kelompok terbang (kloter) 95 bergabung dengan calon jamaah haji asal daerah lain di Provinsi Jawa Tengah. “Tiga calon jamaah haji cadangan Sukoharjo direncanakan masuk asrama haji Donohudan, Boyolali 14 Agustus dan kemudian siap diberangkatkan sesuai jadwal yang ditetapkan pemerintah,” ujar Ihsan Muhadi.

Secara rinci ketiga calon jamaah haji cadangan yang diberangkatkan, dua diantaranya perempuan dan satu laki laki. Mereka sebelum diberangkatkan tetap menjaga kesehatan salah satunya berperilaku hidup bersih dan sehat. Termasuk pula menjaga pola makan dan berolahraga.

“Jamaah haji cadangan diberangkatkan paling akhir dibanding jamaah haji reguler Sukoharjo. Pada saat pulang mereka juga terakhir. Jadi harus dijaga betul kesehatannya agar saat menjalankan ibadah bisa lancar,” lanjutnya.

Sementara itu Ihsan menambahkan, kondisi ratusan jamaah haji Sukoharjo yang sudah diberangkatkan ke tanah suci dalam keadaan sehat. Kalaupun ada yang sakit hanya ringan saja karena faktor kelelahan akibat perubahan cuaca.

“Jamaah haji Sukoharjo semua dalam keadaan baik dan sehat. Ada beberapa sakit ringan seperti kelelahan dan sudah ditangani tim medis yang disediakan pemerintah Indonesia,” lanjutnya.

Kemenag Sukoharjo terus memantau kondisi jamaah haji setiap hari. Hal itu dilakukan untuk mengetahui perkembangan selama jamaah menjalankan ibadah haji.

“Kepulangan jamaah haji Sukoharjo diperkirakan mulai 11 September mendatang,” lanjutnya. (Mam)

Read previous post:
Petani Didorong Miliki Kartu Tani

BANTUL (MERAPI) - Guna memudahkan petani dalam mengakses bantuan atau program dari pemerintah. Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten

Close