KASUS SWEEPING MAUT-6 Suporter Jadi Tersangka

MERAPI-SUKRO RIYADI Kompol Mariska menunjukkan enam tersangka dan barang buktinya.
MERAPI-SUKRO RIYADI
Kompol Mariska menunjukkan enam tersangka dan barang buktinya.

BANTUL (MERAPI)- Polisi menetapkan 6 suporter sepakbola di Yogya sebagai tersangka kasus sweeping suporter yang menewaskan korban Muhammad Iqbal Setyawan warga Balong, Timbulharjo, Sewon, Kamis (9/8). Tak menutup kemungkinan, jumlah tersangka bakal bertambah karena polisi masih memburu sejumlah orang. Selain menewaskan Iqbal, satu orang korban kejadian ini masih kritis.
Para tersangka yang sudah ditahan adalah Mt (21) warga Kudusan, Jagalan, Banguntapan, Bantul, Ra (22) warga Mutihan, Wirokerten, Banguntapan, Bantul, Fd (22) warga Cokroyudan, Purbayan, Kotagede, Hw (22) warga Suryodiningrata, Mantrijeron, Yogyakarta, Wt (18) warga Jeruk Legi Banguntapan serta Lg (21) warga Saman, Bangunharjo, Sewon, Bantul. Dalam kasus itu, polisi menyita barang bukti satu potong kemeja lengan panjang, satu unit handphone serta sebuah jaket.

Waka Polres Bantul Kompol Mariska Fendi Susanto SIK kepada wartawan, Kamis (9/8) mengatakan, keributan suporter yang sampai merenggut korban jiwa itu terjadi setelah laga PSS Kabupaten Sleman dan PSIM Yogyakarta selesai digelar pada Kamis (26/7).
Setelah itu, secara spontan terjadi penganiayaan yang dilakukan kelompok suporter kepada korban. ”Peristiwa itu terjadi secara spontanitas, karena sikap fanatik yang berlebihan,” jelasnya. Mariska mengatakan, para tersangka dijerat dengan UU Perlindungan anak dengan ancaman 15 tahun penjara.
“Selain Iqbal yang sudah meninggal, ada satu korban lagi yang kondisinya masih sangat kritis,” ujar Mariska. Dijelaskan, keberhasilan mengungkap tindakan brutal itu dilakukan setelah pihak kepolisian melakukan olah TKP di lokasi kejadian. Selain itu polisi juga memintai keterangan sejumlah saksi. Dari keterangan yang dihimpun itu, polisi pun berhasil mengidentifikasi enam nama tersebut.
Kanit Reskrim Polsek Jetis Iptu Anar Fuadi SH juga membenarkan sudah ada enam orang ditetapkan sebagai tersangka. “Sudah enam orang jadi tersangka,” ujarnya. Dia menambahkan, kemungkinan jumlah tersangka masih bisa bertambah lagi. “Semuanya masih dalam pengembangan,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Muhammad Iqbal Setyawan meninggal karena menjadi korban pengeroyokan oknum suporter dalam pertandingan PSIM Yogyakarta dan PSS Sleman di Stadion Sultan Agung Bantul, Kamis (26/7).
Akibat penganiayaan tersebut, Iqbal menderita luka lebam di sekitar wajah dan kepala bagian belakang. Korban dikeroyok usai terjaring sweeping oleh sekelompok suporter. Dia dianggap sebagai suporter tim lawan sehingga dikeroyok para pelaku. (Roy)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
5 Kapal Terbakar di Pelabuhan Juwana

PATI (MERAPI) - Kebakaran kapal kembali terjadi di Pelabuhan Juwana, Pati. Api dalam waktu sekejap melalap lima kapal jenis Frisher

Close