MAHASISWI TELEDOR, MALING BERAKSI-Nyuri Laptop Ajak Istri

 

MERAPI-NOOR RIZKA Iptu Heri Subagyo menunjukkan laptop korban yang dicuri di Jalan Batikan Umbulharjo Yogya.
MERAPI-NOOR RIZKA
Iptu Heri Subagyo menunjukkan laptop korban yang dicuri di Jalan Batikan Umbulharjo Yogya.

YOGYA (MERAPI) – Iw (42) warga Kotagede Yogya, nekat mencuri laptop milik mahasiswa pasca sarjana, Nel Via Roza (22) asal Bengkalis Riau dengan mengajak istrinya. Setelah buron beberapa hari, pelaku dibekuk polisi dan ditahan di Polresta Yogya, Selasa (7/8).
Kepada polisi, tersangka mengaku nekat mencuri untuk mengganti laptop adiknya yang sudah dia gadaikan.
Kasat Reskrim Polresta Yogya Kompol Sutikno SIK melalui Kanit II Iptu Heri Subagyo kepada wartawan, Selasa (7/8) mengatakan, aksi pencurian terjadi di warung pecel lele di Jalan Batikan Umbulharjo Yogya pada Senin (16/7) sore. Dijelaskan, awalnya saat itu korban memesan makanan di warung pecel lele di Jalan Batikan Umbulharjo Yogya. Korban mengendarai sepeda motor matik AB 2269 IZ. Namun ia lupa membawa masuk tas laptopnya. Tas laptop tetap berada di motor.

“Korban pesan makanan untuk dibawa pulang, tas berada di motor. Tersangka datang dan melihat ada tas laptop,” kata Kompol Sutikno.
Tersangka juga berencana makan di tempat yang sama. Namun, begitu mengetahui ada tas laptop, tersangka bergegas meninggalkan warung pecel lele. Ternyata tersangka menggasak tas korban.
“Usai pesanannya matang, korban baru sadar jika tasnya hilang. Korban sempat mencari di sekitar TKP tapi tidak ketemu,” paparnya.
Selanjutnya, korban melapor ke Polresta Yogya. Berbekal keterangan saksi mata dan ciri-ciri pelaku, polisi berhasil meringkus tersangka di rumahnya. Polisi juga menemukan laptop hasil kejahatan.
Dalam pemeriksaan, tersangka mengakui perbuatannya. Menurutnya, niat mencuri timbul karena ada tas laptop ditinggal pemiliknya. Kebetulan, motor tersebut parkir di dekat motor tersangka.

“Pada saat itu, tersangka masih berada di atas motor. Ia tahu tas korban ditinggal di motor, lalu diambil. Setelah itu, tersangka memanggil istrinya dan memaksa pulang, walaupun pesanan makanannya belum selesai dimasak,” jelas Kompol Sutikno.
Berdasarkan pemeriksaan, diketahui motif pencurian adalah untuk mengganti laptop adik tersangka yang telah digadai. Beberapa waktu lalu, tersangka sempat meminjam laptop adiknya, namun laptop tersebut digadaikan. Namun sayang, laptop curian belum diberikan adiknya, tersangka sudah ditangkap polisi.
Kini, polisi sedang mengembangkan penangkapan tersebut, karena diduga masih ada lokasi pencurian lainnya. Tersangka dijerat Pasal 362 KUHP tentang pencurian.  (Riz)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-SAMENTO SIHONO Proses pemusnahan ikan berbahaya dengan cara disuntik bius
PULUHAN EKOR IKAN BERBAHAYA DIMUSNAHKAN-Ikan Aligator Disuntik Bius Sampai Mati

DEPOK (MERAPI)-  Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) DIY melakukan pemusnahan sebanyak 25 ekor ikan yang

Close