KPU Sandingkan Berkas dengan Silon


SLEMAN (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman terus melakukan proses verifikasi terkait berkas administrasi dari Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg). Satu persatu, KPU melakukan apakah berkas yang diserahkan tersebut sesuai dengan yang sudah di unggah di Sistem Informasi Pencalonan (SILON) atau tidak.

Ketua KPU Sleman Ahmad Shidqi mengatakan, proses pencocokan baru dimulai, Senin (6/8) kemarin. Dan sesuai tahapan, verifikasi akan selesai tanggal 7 Agustus. Dari KPU Sleman optimis jika proses verifikasi akan selesai tepat waktu. Mengingat untuk pemeriksaan berkas juga sudah dilakukan begitu berkas diserahkan.

“Semua berkas kita teliti satu persatu. Nanti hasil dari verifikasi ini akan diumumkan menjadi Daftar Calon Sementara (DCS) tanggal 10 Agustus. Selama sepekan nama-nama kita sampaikan ke Parpol dan masyarakat,” katanya, Senin (6/8).

Kepada Parpol jika memang sudah sesuai akan dimintakan cap dan tanda tangan dari pengurus parpol. Penyampaian informasi ke KPU akan diterima antara tanggal 29-31 Agustus 2018 untuk selanjutnya ada tahapan pemberitahuan pengganti DCS pada 1-3 September 2018. “Jika selama proses pengumuman tersebut tidak ada masalah, maka tahapan akan dilanjutkan untuk ditetapkan menjadi Daftar Calon Tetap (DCT),” jelas Shidqi.

Ketika masa pendaftaran kemarin KPU Sleman menerima 598 nama Bacaleg. Namun pada masa perbaikan, hanya ada 585 Bacaleg. Dalam tahap verifikasi juga akan kelihatan apakah ada Bacaleg yang masih berstatus TNI/Polri atau tidak. “Jadi yang kita verifikasi hanya 585 nama saja. Karena yang melengkapi berkas pendaftaran hanya itu. Dalam proses verifikasi ini nantinya akan ditentukan Bacaleg mana saja yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dan mana yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS),” ujar Komisioner KPU Sleman Divisi Teknis Penyelenggara Haryanto. (Awh)

Read previous post:
BERBURU KULINER MIE DES – Pedas, Gurih dan Hangatkan Badan

BAKMIE pedes atau biasa disebut mie des termasuk kuliner khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang berasal dari kawasan Pundong Bantul. Meski

Close