Realisasi Pajak Hotel dan Restoran Menggembirakan

UMBULHARJO (MERAPI) – Target penerimaan pajak hotel dan restoran diusulkan naik dalam APBD Perubahan 2018 Kota Yogyakarta. Kenaikan pajak itu mempertimbangkan realisasi kedua pajak itu sampai semester pertama sudah mencapai sekitar 60 persen.

“Realisasi pajak hotel dan restoran sudah mencapai 50 persen lebih, sehingga kami akan usulkan targetnya dinaikkan di saat perubahan anggaran,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta Kadri Renggono, Minggu (5/8).

Sampai triwulan kedua, realisasi pajak hotel mencapai 63,19 persen atau Rp 70,7 miliar. Sedangkan pajak restoran realisasinya sudah mencapai 67,2 persen atau Rp 22,8 miliar. Menurutnya, dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, realisasi pajak hotel meningkat mendekati akhir tahun karena kunjungan wisatawan di Kota Yogyakarta naik pada masa itu.

“Kalau pajak restoran ini juga banyak ditopang dari kunjungan wisatawan, sehingga kami berani untuk menaikkan targetnya,” ujarnya.

Dia menyatakan selama ini pajak hotel menyumbang pendapatan cukup besar utuk pendapatan asli daerah (PAD). Tercatat sampai triwula kedua PAD dari pajak daerah mencapai 64,70 persen dengan nilai Rp 356,8 miliar. Dari sektor hotel ditargetkan mencapai Rp 112 miliar dan dari restoran Rp 34 miliar.

Namun pihaknya belum dapat menyampaikan persentase kenaikka pajak hotel dan restoran yang akan diusulkan dalam APDB Perubahan 2018 “Persentasenya berapa masih akan kami sampaika dan bahas bersama dewan,” tambah Kadri.

Selain itu Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) juga menjadi penyumbang PAD cukup besar. Pada tahun 2018 PPB ditarget Rp 53 miliar dan pajak BPHTB ditargetkan mencapai Rp 65 miliar. Tapi untuk BPHTB baru terealisasi 37,48 persen atau Rp 24,3 miliar. Namun kedua pajak itu belum ada rencana untuk dinaikkan targetnya.

“Capaian BPHTB memang sulit diprediksi karena tergantung peralihan tanah maupun bangunan,” ucapnya. (Tri)

Read previous post:
CHATTRA KEBAYA EDUKASI PAKAIAN TRADISIONAL – Berkebaya Itu Mudah, Bisa Karena Biasa

SULIT menemukan perempuan di zaman modern ini yang mengenakan kebaya untuk pakaian sehari-hari. Kebanyakan kebaya dipakai untuk acara pernikahan, adat,

Close