Klanceng Senang Bersarang di Tempat Teduh

MERAPI-SULISTYANTO Sarang klanceng dapat dibuat dari kotak kayu.
MERAPI-SULISTYANTO
Sarang klanceng dapat dibuat dari kotak kayu.

KLANCENG mempunyai nama lain kelulut dan sebagian warga di Jawa menyebut lanceng. Sama halnya lebah madu, satwa ini juga mampu menghasilkan madu. Terutama di kawasan pedesaan dapat ditemukan sarangnya antara lain menempati potongan bambu, tumpukan kayu maupun pohon yang sudah lama roboh.

Peminat madu klanceng pun cukup tinggi, sehingga sebagian warga sangat antusias membudidayakannya. Tak jarang sebelum beternak klanceng banyak mencari pengetahuan dulu, misalnya lewat internet. Hal ini telah dilakukan Ashadi Harmanto yang tinggal di kawasan Ngijon Sleman. Ia bahkan pernah membeli satu kotak isi koloni klanceng dari peternak asal Jawa Barat dan sampai sekarang masih terawat dengan baik.

“Saat ini saya sedang berusaha memperbanyak dahulu kotak-kotak sebagai sarang klanceng. Yang sudah terisi sudah dua kotak, beberapa kotak lainnya masih kosong,” ungkap Ashadi, kemarin.

Menurutnya, pembudidaya klanceng yang ada di Jawa Barat sudah lama menggeluti usaha tersebut serta rutin panen madu klanceng. Ia pun sudah biasa membeli serta memasarkan madu klanceng panenan dari Jawa Barat tersebut. Adapun hal penting untuk diterapkan dalam membudidayakan klanceng, antara lain penempatak kotak sarang berada di tempat teduh atau tak kena sinar matahari langsung. Kian idealnya lagi banyak tanaman bunga, sebab sari-sari bunga bisa menjadi makanan klanceng.

Lalu kotak sebagai sarang buatan sudah netral baunya, antara lain bebas dari bau oli penggergajian ataupun bau kayu baru. Selain itu perlu diperhatikan agar kotak sarang aman dari gangguan semut, misalnya dengan digantung di bawah atap rumah atau bawah pepohonan rindang. Bagian pintu dibuat lubang seperti menggunakan bur.

“Agar pintu dikenali koloni klanceng, perlu dioles malam yang ada di sarang klanceng,” jelas Ashadi.

Ditambahkan, koloni klanceng untuk ditempatkan di sarang dapat juga dicari di alam. Sebab jika membeli masih lumayan mahal, misalnya bisa Rp 80.000 perssatu koloni dalam kotak kecil. Adapun sarang yang dibuat dari kotak kayu dibuat sedemikian rupa, sehingga mudah dibuka ketika sewaktu-waktu dicek maupun dipanen madunya. Pemanenan dipilih sarang yang sudah besar atau sudah banyak madunya, untuk penyaringan antara madu dengan kotoran dapat menggunakan kain kasa.

“Risiko tergigit klanceng jelas ada, tapi bisa diakali juga seperti menggunakan baju khusus dan kaos tangan,” ujarnya.

Sama halnya madu asli yang dihasilkan lebah, madu klanceng diyakini juga mempunyai banyak manfaat kesehatan ketika rutin dikonsumsi. Bahkan bisa membantu mencegah maupun mengatasi beberapa keluhan kesehatan. Rasa manis alaminya tak merugikan kesehatan. Selain itu, madu klanceng dapat menjadi bahan baku produk kosmetik maupun herbal. (Yan)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Pergi Membawa Rahasia

SEMALAMAN Bu Dirga tidak bisa tidur memikirkan segala kemungkinan, tentang laki-laki yang telah menghamili pembantunya. Sudah dipaksa, Inem tetap tidak

Close