871 Peserta Audisi Umum PB Djarum Bersaing di Tahap Screening

Ribka Sugiarto, berpasangan dengan Febriana Dwipuji Kusuma, pemenang di ajang Asia Junior Championship 2018. (MERAPI-Abdul Alim)
Ribka Sugiarto, berpasangan dengan Febriana Dwipuji Kusuma, pemenang di ajang Asia Junior Championship 2018. (MERAPI-Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Tahap screening audisi umum beasiswa bulu tangkis PB Djarum diikuti 871 peserta di U11, U13 dan U15 putra dan putri di Stadion RM Said Karanganyar, Sabtu (4/8). Para pencari bakat selektif dalam memilih mereka untuk maju ke turnamen pada Minggu-Senin (5-6/8).

Salah satu pencari bakat PB Djarum, Sigit Budiharto mengatakan penilaiannya seputar teknik permainan dan fisik para peserta. Pada tahap screening, ia melihat ratusan anak-anak memiliki kemampuan sama sama.

“Usia 10-11 tahun itu kemampuannya rata-rata sama. Siapa yang memiliki kemampuan lebih, akan terlihat di tahap turnamen,” katanya kepada wartawan.

Ia cenderung menakar fisik pemain sebagai modal awal seorang pemain profesional. Dalam hal ini, peserta audisi putri berkans lebih besar dibanding peserta putra. Sepanjang screening, ia banyak mendapati mereka berpostur tinggi semampai. Berdasarkan data registrasi pemain, tahapan screening diikuti 677 peserta putra dan 194 peserta putri. Mayoritas asal Kabupaten Sukoharjo disusul Kabupaten Karanganyar.

“Audisi di Surabaya dan Karanganyar banyak menemukan peserta putri berpostur tinggi. Itu modal. Memudahkan melatih untuk proses ke depannya,” katanya.

Ia mengapresiasi antusiasme pada audisi tahun di Karanganyar yang diikuti 871 peserta. Pada tahun lalu, peserta 619 orang di U11 dan U13.

Tahap screening diampu delapan pencari bakat, yakni Fung Permadi, Basri Yusuf, Yuni Kartika, Sigit Budiarto, Alvent Yulianto, Tri Kusharjanto dan Sulaiman. Tersedia durasi 5-10 menit sekali main.

Sementara itu PB Djarum juga mengenalkan ke publik atlet putri kelahiran Karanganyar, Ribka Sugiarto, yang berpasangan dengan Febriana Dwipuji Kusuma di ajang Asia Junior Championship 2018. Mereka berhasil meraih medali emas ganda putri di ajang tersebut. Kini, keduanya disiapkan berkompetisi di ajang tingkat dunia di kelas junior. (Lim)

Read previous post:
KORBAN ENGGAN MELAPOR – Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan Sulit Dituntaskan

WONOSARI (MERAPI) - Kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan di Gunungkidul masih sulit dituntaskan. Faktor yang menjadi penyebabnya tersebut, salah

Close