MOTOR PINJAMAN JADI JAMINAN UTANG- Pedagang Kayu Bekas Bongkaran Rumah Diadili

 

Terdakwa dikawal petugas usai menjalani persidangan di PN Yogya.(MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Terdakwa dikawal petugas usai menjalani persidangan di PN Yogya.(MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

YOGYA (MERAPI) – Pedagang kayu bekas, MTP (37) warga Gedongtengen Yogyakarta diseret ke kursi pesakitan Pengadilan Negeri (PN) Yogya, Kamis (2/7). Terdakwa didakwa jaksa Tri Susanti SH telah menggelapkan sepeda motor Yamaha ZR milik saksi korban Ardan dengan menjadikan sebagai jaminan utang.

Dalam persidangan terungkap, pada Selasa 14 November 2017 pukul 10.00 saksi korban Ardan memarkir sepeda motornya Yamaha Vega di halaman rumah di Jlagran Pringgokusuman Gedongtengen Yogyakarta. Saat itu datang terdakwa bersama temannya Yudi untuk meminjam sepeda motor tersebut. Terdakwa mengatakan meminjam sepeda motor untuk cari dagangan kayu bongkaran rumah.

Selama ini pekerjaan sehari-hari terdakwa adalah jual beli kayu bongkaran rumah. Untuk itu saksi korban tak menaruh kecurigaan apapun dan meminjamkan sepeda motor miliknya.
Saksi korban selanjutnya menyerahkan 1 unit sepeda motor beserta kunci kontaknya dan mengatakan kalau STNK berada di dalam jok. Selanjutnya terdakwa bersama dengan Yudi pergi dengan mengendarai sepeda motor tersebut.

Setelah itu terdakwa bersama Yudi mengendarai sepeda motor menuju ke rumah Umar di Pundong Bantul. Sesampainya di rumah Umar, terdakwa diminta untuk menjualkan kayu sehingga sepeda motor ditinggal.

Ketika pulang terdakwa menyerahkan uang hasil penjualan kayu tetapi dirasa masih kurang. Karena bingung terdakwa menjaminkan sepeda motor milik saksi korban tanpa sepengetahuan dan izin pemilikya. Akibat perbuatan terdakwa, saksi korban mengalami kerugian sebesar Rp 5 juta. Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 378 KUHP dan 372 KUHP. (C-5)

 

Read previous post:
TUNTUT JALANKAN PUTUSAN PENGADILAN- Tak Terima Gaji, Karyawan RSIS Pabelan Demo

  SUKOHARJO (MERAPI) - Sebanyak 350 karyawan Rumah Sakit Islam Surakarta (RSIS) Pabelan, Kartasura demo di depan kantor Pengadilan Negeri

Close