Modus Pura-pura Mogok, Maling Gondhol 7 Motor

KALIBAWANG (MERAPI) –  Polsek Kalibawang, Kulonprogo, berhasil mengamankan tujuh motor yang diduga merupakan hasil penggelapan dan pencurian modus baru. Dua pelaku berhasil dibekuk. Modus mereka adalah berpura-pura mogok, kemudian mencuri motor korban yang mencoba menolong.
Kuat dugaan, tindak pidana ini tidak hanya dilakukan di wilayah Kalibawang, namun juga di daerah lain yakni Sleman. Dua pelaku yang diamankan adalah HS (26) warga Mertoyodan, magelang serta AS (24) warga Magelang Selatan.
Kapolsek Kalibawang, Kompol Endang Suprapto kepada <I>Merapi<P>, Selasa (31/7) membenarkan hal tersebut. Menurutnya, barang bukti tujuh motor itu hingga kini masih diamankan pihaknya dan belum diambil para pemilik.
“Iya, kasus penggelapan, barang buktinya tujuh motor,” kata Kompol Endang.
Dijelaskan, ketujuh motor hasil kejahatan yang berhasil diamankan Polsek Kalibawang yakni Honda Beat hitam dengan nomor polisi AB 2074 TH, Yamaha Mio putih AA 6644 UN, Honda Revo Absolut biru hitam tahun 2012 tanpa plat nomor, Yamaha New Vega R hitam tahun 2007 tanpa
plat nomor, Yamaha Yupiter Z CW tahun 2011 warna biru hitam tanpa plat nomor, Honda Supra X 125 CW merah hitam AB 6240 BY dan Yamaha Mio CW merah marun
H 5787 NF. Dalam proses penangkapan, kata dia, Penyidik Unit Reskrim Polsek Kalibawang berkoordinasi dengan Penyidik Polres Sleman. Sebab para pelaku juga beraksi di Sleman.

Menurut Kompol Endang, dalam kasus penggelapan di Kalibawang, dua pelaku, beraksi berpura-pura motornya mogok. Keduanya kemudian minta tolong kepada korban Rizal Bani (13) pelajar warga Seyegan, Sleman yang mengendarai motor untuk membantu dorong ke bengkel atau rumah saudaranya.
Dengan berbagai tipu daya, kedua pelaku kemudian mengambil motor korban untuk dibawa pergi. “Sementara korbannya, ditinggal di sebuah jalan sepi,” jelas Endang. Setelah mendapat laporan kejadian ini, polisi berhasil meringkus kedua pelaku akhir pekan lalu. Ditambahkan, dari hasil penyidikan yang dilakukan petugas, dua pria ini tidak hanya melakukan tindak pidana penipuan penggelapan dengan modus motor mogok, namun juga melakukan tindak pidana pencurian motor lain.
Terkait tujuh barang bukti yang diamankan, masyarakat yang merasa memiliki motor tersebut dan menjadi korban kejahatan, diminta untuk datang ke Polsek Kalibawang. Pemilik diminta membawa bukti kepemilikan yang sah yakni STNK dan BPKB serta mengikuti proses hukum yang berlaku. Warga juga diimbau berhati-hati dengan penipuan modus serupa. (Unt)

 

Read previous post:
JAGONGAN DESTINASI DIGITAL PASAR KAKILANGIT – Warna Baru Mangunan di Kala Senja

IMOGIRI (MERAPI) - Sejak dibuka Desember 2017 lalu, Pasar Kakilangit cukup sukses dalam mencuri perhatian masyarakat yang datang ke Yogya

Close