TEKUK BLITAR UNITED 3-1 – Tren Positif PSIM Berlanjut

 

BLITAR (MERAPI) – Hasil positif kembali didapat PSIM Yogya saat melakoni laga pekan ke-11 Liga 2 Grup Timur 2018. Skuad Laskar Mataram meraih kemenangan usai menekuk tuan rumah Blitar United dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Soepriyadi, Blitar, Senin (30/7), yang sekaligus membawanya menembus lima besar klasemen sementara dengan 15 poin.

 

Meski demikian, Hendika Arga Permana dan kawan-kawan tidak mendapatkan kemenangan dengan mudah. Bahkan, PSIM mengawali pertandingan tidak dengan permainan yang bagus. Baru enam menit laga berjalan, gawang Ivan Febrianto sudah bobol oleh tendangan penalti dari pemain Blitar United.

Terkejut dengan gol cepat tuan rumah, para pemain PSIM mencoba untuk mengejar ketinggalan. Akan tetapi permainan PSIM malah kurang terkoordinir dengan baik karena tergesa-gesa dalam melancarkan serangan.

 

Hal itu membuat Blitar United leluasa dalam mengendalikan permainan.

Perlahan tapi pasti, para pemain PSIM mulai mampu mengendalikan permainan. Melalui umpan-umpan pendek dengan variasi terobosan ke jantung pertahanan Blitar United, PSIM mulai menebar ancaman. Sejumlah peluang didapat PSIM, baik melalui Arga, Supriyadi maupun Raymond Tauntu.

 

Jelang babak pertama berakhir, PSIM mampu menyamakan kedudukan. Memasuki masa tambahan waktu, Riskal Susanto menyambar bola liar di depan mulut gawang Blitar United yang dijaga Bayu Prisma. Skor imbang 1-1 menutup paruh pertama.

 

Memasuki babak kedua, Blitar United mengambil inisiatif menyerang. Namun PSIM tak mau tinggal diam dalam meladeni permainan agresif Blitar United. Pergantian pemain dilakukan PSIM dengan memasukkan Hendri Satriadi menggantikan Arif Toeminz Yulianto.

 

Masuknya Hendrico membuat serangan PSIM kian berbahaya. Pada menit 60, PSIM mendapat tendangan bebas yang diambil oleh Fandy Edy. Tendangan keras kaki kiri Fandy masih mampu ditepis kiper Blitar United. Namun dengan sigap Ismail Haris mampu menyambarnya sekaligus mengubah kedudukan untuk keunggulan PSIM 2-1.

 

Blitar United yang berbalik tertinggal, berusaha untuk meningkatkan tempo permainan. Namun justru permainan PSIM yang kian lebih menonjol. Peluang kembali didapat PSIM lewat tendangan bebas Fandy tapi masih melebar di sisi kiri gawang Blitar United.

 

Bukannya tanpa peluang, Blitar United terus menggempur pertahanan PSIM. Aksi tanpa kompromi yang dilakukan palang pintu M Arifin dan penampilan gemilang Ivan Febrianto, mampu menggagalkan serangan Blitar United.

 

Pada menit 89, justru tim tamu yang mampu memperlebar keunggulan. Kali ini giliran Hendrico yang mampu membobol gawang Blitar United. Tertinggal dengan defisit dua gol, semakin membuat Blitar United kesulitan untuk mengejar ketinggalan. Hingga pertandingan usai, keunggulan PSIM 3-1 atas Blitar United tidak berubah.

 

Manajer PSIM, Erwan Hendarwanto mengungkapkan bahwa kunci kemenangan yang didapat timnya tak lain karena para pemainnya tak memandang remeh lawan yang dihadapi. “Seperti yang menjadi kesepakatan awal kami, setiap laga adalah final. Ketika kami dalam tren positif, pemain kami ingatkan agar tak boleh menyepelekan lawan,” ungkapnya.

 

Dilanjutkan Erwan, ketika kebobolan di awal laga, timnya sempat bermain terburu-buru. “Anak-anak tidak bisa mengontrol emosi setelah kebobolan di menit awal. Tapi perlahan bisa menguasai permainan. Tentu ini perjuangan yang patut diapresiasi dari pemain,” lanjutnya.

 

Mampu mencatatkan 7 kemenangan dari 11 laga yang dijalani serta kemenangan ketiga di kandang lawan, tak lantas membuat PSIM berpuas diri. “Ini sebenarnya tren yang bagus bagi kami. Kami tak mau merasa di atas karena persaingan di putaran kedua bisa jadi lebih ketat. Untuk sementara memang aman di posisi lima dan sesuai target bertahan. Namun untuk persaingan ke depan kami harus perlu kerja keras lagi, tak boleh hanya berpuas sampai di sini. Setiap laga adalah final harus dituntaskan hingga putaran kedua berakhir,” imbuh Erwan. (Oro)

Read previous post:
PERSIBA BENAHI KESALAHAN – Berharap Pemain Sembuh Lawan Persatu

  BANTUL (MERAPI) - Berhasil memetik kemenangan pada laga perdana kompetisi Liga 3 Nasional Grup 4 2018, Persiba Bantul enggan

Close