Nyemplung Kali Progo, Nasib Pengedar Upal Masih Misteri

MERAPI-SAMENTO SIHONO AKP Handiko menunjukkan uang palsu milik pelaku yang digunakan untuk belanja.
MERAPI-SAMENTO SIHONO
AKP Handiko menunjukkan uang palsu milik pelaku yang digunakan untuk belanja.

MOYUDAN (MERAPI)- Petugas Basarnas DIY bersama Polsek Moyudan masih melakukan pencarian terhadap pria pengedar uang palsu yang kabur menceburkan diri ke Sungai Progo di Dusun Karangkemasan, Moyudan, Sleman. Kuat dugaan, pelaku yang belum diketahui identitasnya ini merupakan penjahat spesialis peredaran upal.
Kapolsek Moyudan AKP Handiko Widiyanto kepada wartawan, Jumat (27/7)menjelaskan, dari hasil penyelidikan yang dilakukan, pelaku telah melakukan penipuan di dua warung di wilayah Karangkemasan, Moyudan. Modusnya yakni dengan pura-pura membeli di warung dengan uang pecahan Rp 100 ribuan palsu.
“Modusnya pelaku ini belanja dengan uang pecahan Rp 100 ribu. Setelah itu pelaku pindah ke warung lain untuk belanja kembali,” kata Handiko.
Terungkapnya kasus itu bermula saat pelaku datang ke warung Sriyanti warga Karangkemasan dengan menggunakan sepeda motor Honda Supra AB 3199 HF. Saat itu pelaku membeli satu bungkus rokok dan dua mie instan, dengan uang Rp 100 ribu.

Setelah transaksi selesai dilakukan, pelaku kemudian meninggalkan lokasi. Tidak sampai di situ, pelaku kembali berbelanja di warung milik Ning Purwaningsih (43) di Dusun Dagen Karangkemasan, di situ pelaku membeli rokok dan mie instan.
“Orang itu membayar dengan uang Rp 100 ribu, dan Rp 2 ribu. Belanjaan habis Rp 22 ribu, kemudian saya beri kembalian Rp 80 ribu,” kata Ning.
Tanpa menaruh curiga Ning langsung menyimpan uang tersebut ke laci meja tempatnya berjualan. Ia baru tahu uang itu palsu setelah mendengar kabar pelaku menceburkan diri ke sungai setelah dikejar oleh warga. Nampaknya, dia kepergok di aksi ketiganya.
“Usai belanja di warung Karangkemasan ternyata pemilik warung tahu kalau itu uang palsu, kemudian dikejar dan tertangkap di Dusun Betakan Moyudan,” katanya.

Humas Basarnas DIY, Pipit Eriyanto menambahkan, tim yang diterjunkan sudah melakukan penyisiran hingga dua kilometer dari lokasi korban menyeburkan diri di Kali Progo. Pelaku, sambung Pipit, belum ditemukan tetapi helm yang dipakai oleh korban berhasil ditemukan.
“Kita lakukan pencarian dengan cara menyisir dengan perahu dan menebar jaring di sekitar pelaku hanyut di sungai,” pungkasnya.
Seperti diberitakan, gara-gara kepergok mengedarkan uang palsu, seorang pria yang belum diketahui identitasnya nekat kabur dengan menceburkan diri ke Sungai Progo di Dusun Karangkemasan, Sumberrahayu, Moyudan, Sleman, Kamis (26/7). Pelaku diketahui kabur dari kejaran warga dengan meninggalkan motornya. (Shn)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Pala Redakan Sakit Perut

NEGARA kita dikenal sangat kaya dengan beragam jenis tumbuhan-tumbuhan berkhasiat obat, sehingga bisa membantu mencegah serta mengatasi gangguan kesehatan. Satu

Close