AYAM GORENG BERSERUNDENG – Beri Sensasi Gurih Berpadu Pedas

MERAPI-SULISTYANTO Ayam goreng berserundeng dilengkapi sambal lombok hijau dan lalapan.
MERAPI-SULISTYANTO
Ayam goreng berserundeng dilengkapi sambal lombok hijau dan lalapan.

INGIN menyantap masakan ayam goreng dengan berbagai sensasinya yang khas? Satu di antaranya dapat mencoba ayam goreng berserundeng. Selain diberi tambahan serundeng berbahan baku rimpang lengkuas (laos), ada juga sambal cabai hijau serta lalapan mentimun, daun kemangi serta daun singkong rebus.

Lokasi kuliner penyedia ayam goreng berserundeng, salah satunya di Pak Muhlis. Bagian ayam yang tersedia, yakni paha, dada, kepala serta hati. Selain ayam, ada juga tahu-tempe goreng dan otak-otak bandeng yang juga bisa diberi serundeng maupun sambal hijau. Tambahan serundeng serta sambal lombok hijau mampu memberi tambahan nikmat, cita rasa gurih berpadu pedas.

“Untuk membuat serundengnya, kami menggunakan rimpang laos kualitas. Bahan ini diparut, lalu diberi bumbu-bumbu dan digoreng,” ungkap Muhlisin, baru-baru ini.

Ditemui di lokasi usahanya kawasan Jalan Sidomoyo Sleman, Muhlis menambahkan, bagian ayam sebelum digoreng terlebih dahulu dimasak (direbus) dengan diberi bumbu ungkep. Tahap memasak ungkepnya antara 1,5 sampai dua jam. Jika ada konsumen meminta ayam tanpa digoreng, setelah dimasak ungkep pun sudah enak disantap. Adapun bumbu/rempah yang digunakan dalam memasak jenis masakan ini antara lain sereh, daun salam, lengkuas, garam, kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih dan kemiri.

“Untuk membuat otak-otak bandeng, bagian duri dan daging diambil. Dagingnya lalu digiling, dicampur sayur seperti wortel, bawang Bombay dan tomat,” jelasnya.

Bagian daging giling yang sudah dicampur sayur lalu dimasukan kembali ke kulit bandeng. Selanjutnya dikukus sampai matang. Sisa daging serta sayur dapat diisikan pada tahu, lalu digoreng. Tahu isi daging bandeng serta sayur pun cukup banyak digemari konsumen. (Yan)

 

Read previous post:
Kodim Sleman Gelar Pengajian Rutin

SLEMAN (MERAPI) - Bertempat di  masjid Kodim 0732/Sleman, Kamis (26/7) seluruh personel prajurit dan ASN mengikuti kegiatan pengajian rutin dilanjutkan

Close