PRESIDEN BLUSUKAN KE PASAR KRANGGAN-Mbah Pur Beranikan Diri Tawarkan Pisang ke Jokowi

MERAPI-TRI DARMIYATI  Masyarakat berdesak-desakan ingin bersalaman dengan Presiden Jokowi saat berkunjung ke Pasar Kranggan
MERAPI-TRI DARMIYATI
Masyarakat berdesak-desakan ingin berdialog dengan Presiden Jokowi saat berkunjung ke Pasar Kranggan

JETIS (MERAPI)- Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan blusukan ke Pasar Kranggan Yogyakarta, Rabu (25/7) pagi. Kedatangannya disambut antusias masyarakat dan membawa berkah bagi sejumlah pedagang karena daganganya dibeli presiden. Selain bertemu dan berebut salaman dengan orang nomor satu di Indonesia itu, sebagian pembeli juga mendapatkan hadiah souvenir.
Presiden yang akrab disapa Jokowi itu membeli jajan pasar, buah dan sayur di beberapa pedagang di Pasar Kranggan. Di sela kerumunan warga, awalnya Jokowi menuju kios jajan pasar yang dijual Welas (47) dan membeli lemper, kue coro atau cucur dan sawut yang terbuat dari ketela. Total harga jajanan pasar yang dibeli Jokowi senilai Rp 47.000.

“Tadi dibayar seratus ribu, tapi dikasih uang kembalian tidak mau. Ya senang,” kata Welas usai Jokowi membeli jajanan yang dijualnya, Rabu (25/7).
Lain lagi dengan Mbah Pur penjual pisang raja di Pasar Kranggan yang cukup beruntung karena satu tandan pisang dagangannya dibeli Jokowi senilai Rp 300 ribu. Padahal warga Muntilan Magelang itu biasa menjual satu tandan pisang raja berkisar Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu. Uniknya justru Mbah Pur yang mencegat di tengah kerumunan warga dan menawarkan dagangannya itu ke Jokowi saat akan pulang.
“Tiga ratus ribu gimana? yang mana?,” ujar Jokowi sembari berjalan melihat tandan-tandan pisang raja dagangan Mbah Pur.

Mbah Pur mengaku sengaja memberanikan diri menawarkan pisang raja kepada Jokowi yang baru kali pertama ditemuinya itu. “Tidak ditawar tadi, langsung dikasih Rp 300 ribu,” imbuh Mbah Pur yang sebelumnya juga mendapat uang dari pejabat Korem setempat.
Sebagian pembeli Pasar Kranggan juga senang karena bisa bertemu, bersalaman dan mendapatkan hadiah souvenir dari Jokowi seperti selendang batik, buku dan kaos. Salah satunya Tanti Rubianti(52) waga Badran yang menerima souvenir selendang batik. Dia sendiri awalnya tidak mengetahui Jokowi berkunjung ke Pasar Kranggan. “Alhamdulillah dapat dua. Ini pertama kali juga saya ketemu Presiden Jokowi. Mau saya simpan saja,” ucap Tanti.
Menurut Lurah Pasar Kranggan Sungkono, di dalam pasar Jokowi sempat berhenti dan melihat-lihat di los sembako, bumbu dapur serta membeli sayur kecipir, buah sawo dan emping. Blusukan Jokowi ke Pasar Kranggan itu didampingi Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi.

Sementara itu Heroe Poerwadi mengatakan dalam kunjungannya Jokowi berpesan agar menjaga keberlangsungan pasar tradisional. Jokowi juga mendukung revitalisasi pasar tradisional yang telah dilaksanakan di Kota Yogyakarta. Termasuk siap mendukung pendanaan untuk revitalisasi pasar tradisonal lainnya.
“Kami sampikan rencana kami untuk revitalisasi pasar tradisional di tahun 2019. Pak Jokowi meminta bisa dibuat proposal untuk perbaikan pasar tradisional itu,” ucap Heroe. (Tri)

Read previous post:
Alpukat Jaga Kesehatan Jantung

MAU buka puasa dengan minuman segar dan menyehatkan? Satu di antaranya dapat memilih buah alpukat lalu dibuat menjadi minuman jus

Close