PENJUAL MIRAS DIDENDA RP 20 JUTA, PENGOPLOS RP 15 JUTA -Tak Sanggup Bayar Denda, Pilih Dipenjara

 

Kedua terdakwa saat menjalani persidangan di PN Bantul.(MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Kedua terdakwa saat menjalani persidangan di PN Bantul.(MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

BANTUL (MERAPI)– Penjual minuman keras (miras) Amir Maruf (25) warga Bintaran Wetan Srimulyo Piyungan Bantul dijatuhi hukuman denda Rp 20 juta subsider 3 bulan kurungan dalam sidang tindak pidana ringan (tipiring) di Pengadilan Negeri (PN) Bantul, Rabu (25/7).

Sementara terdakwa Agus Budi Pramono (41) warga Kweni Panggungharjo Sewon Bantul yang diketahui sebagai pengoplos miras didenda Rp 15 juta subsider 2 bulan kurungan. Dari kedua terdakwa tersebut total denda mencapai Rp 35 juta.

Atas putusan tersebut, terdakwa Amir langsung mengeluarkan uang Rp 20 juta untuk membayar denda. Sementara terdakwa Agus harus menjalani hukuman kurungan karena tak tak sanggup membayar. “Saya tak memiliki uang untuk membayar denda sehingga saya memutuskan untuk menjalani hukuman,” ujarnya usai persidangan.

Perbuatan kedua terdakwa telah melanggar pasal 21 ayat 1 dan 5 serta pasal 34 ayat 1 Perda No 2 Tahun 2012 tentang Pengawasan, Pengendalian, Pengedaran dan Pelarangan Penjuaalan Minuman Beralkohol.

Dalam amar putusan terungkap, terdakwa Agus sendiri ditangkap aparat Polres Bantul pada Sabtu 28 April 2018 pukul 21.00 di rumahnya daerah Kweni. Dari penangkapan tersebut petugas menemukan alkohol murni dalam plastik dan beberapa botol miras oplosan dalam kemasan air mineral 350 ml.

Sementara terdakwa Amir kedapatan menjual miras setelah terkena razia pada Kamis 17 Mei 2018 pukul 13.00 di garasi rumah Bintaran Wetan. Dalam razia ditemukan barang bukti 17 botol Anggur Merah, 6 Botol Anggur Kolesom, 12 botol Bir Bintang, 13 botol Vodka, 12 botol Manshion dan 7 botol Vodka Iceland.

Kedua terdakwa yang ditangkap terpisah tersebut menyimpan miras untuk dijual. Petugas melakukan penggerebekan dan mengajukan ke persidangan karena keduanya tak memiliki izin dalam jual beli miras. (C-5)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-ISTIMEWA Soenarto Pr.
Pendiri Sanggarbambu, Soenarto Pr Meninggal

BAPAK pendiri dan sesepuh Sanggarbambu, Soenarto Pr meninggal dunia pada Selasa 24 Juli 2018 pukul 23.10 dalam usia 86 tahun.

Close