Kuota 30 % Perempuan Sudah Terpenuhi

SLEMAN (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman telah menyelesaikan tahap verifikasi terhadap berkas cari bakal calon anggota legislatif (bacaleg). Dari nama yang terdaftar, ada di antaranya yang berstatus sebagai perangkat desa. Sementara untuk 30 persen kuota perempuan dipastikan sudah terpenuhi.

KPU Sleman menerima setidaknya 598 nama yang siap bertarung memperebutkan 50 kursi anggota DPRD Sleman. Dari jumlah tersebut 262 atau 44 persennya adalah perempuan. Artinya, batas minimal 30 persen kuota perempuan sudah dipenuhi.

“262 nama itu dari total 16 parpol yang mendaftarkan bacalegnya di Sleman. Semua Parpol sudah memenuhi aturan tersebut,” ujar Ketua KPU Sleman Ahmad Shidqi, Jumat (20/7).

Sementara itu, untuk bacaleg yang didaftarkan dipastikan tidak ada mantan napi narkoba, korupsi serta kasus pelecehan seksual anak. Selain itu juga tidak ada yang masih tercatat sebagai PNS maupun TNI/Polri aktif. Sejauh ini nama yang mendaftar berstatus sebagai perangkat desa, seperti BPD.

“Namun mereka sudah mengajukan surat pengunduran diri. Dan juga ikut dilampirkan dalam berkas administasi pendaftaran. Jadi, yang mendapatkan gaji dari pemerintah, baik pusat maupun daerah harus menyertakan surat pengunduran diri,” jelas Komisioner KPU Sleman Teknik Penyelenggara Haryanta.

Nama-nama bacaleg tersebut menurut Haryanta akan diumumkan kepada masyarakat. Disana masyarakat dapat ikut memberikan masukan. Apakah bacaleg tersebut memang sudah tidak tercatat sebagai PNS maupun TNI/Polri aktif.

Seperti diketahui, hingga batas akhir pendaftaran menerima 598 nama bacaleg. Mereka berasal dari 16 parpol peserta Pemilu 2019. Dari 16 parpol, hanya tujuh partai saja yang mengisi maksimal. Ketujuh parpol tersebut, adalah NasDem, PKB, PKS, PDI Perjuangan, Gerindra, PAN dan Golkar. (Awh)

JUMLAH BACALEG YANG MENDAFTAR KE KPU SLEMAN
No. Partai Jumlah
1.     NasDem                  50
2.    PSI                            22
3.    PKB                           50
4.    PKS                           50
5.    PKPI                           3
6.    Perindo                    36
7.    PDI Perjuangan     50
8.    Garuda                    14
9.    PAN                          50
10.  Gerindra                  50
11.  Demokrat                47
12.  Golkar                     50
13. PPP                           35
14. PBB                          19
15. Hanura                    36
16. Berkarya                 36
Total                           598

Sumber: KPU Sleman

Read previous post:
Pekerjaan Hidran Kampung Dilelang Ulang

UMBULHARJO (MERAPI) - Paket pekerjaan pembangunan hidran kampung di Kota Yogyakarta tahun 2018 dilelang ulang. Pasalnya lelang pertama gagal lantaran

Close