Pengisian Kursi Kosong SMP Negeri Tetap Berbasis Jarak

Kepala Disdik Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana (kanan) memberikan keterangan terkait PPDB SMPN. (MERAPI-TRI DARMIYATI)
Kepala Disdik Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana (kanan). (MERAPI-TRI DARMIYATI)

UMBULHARJO (MERAPI) – Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta memutuskan untuk menetapkan kebijakan diskresi pada pengisisan sembilan kursi kosong di SMP negeri di kota tersebut, dengan tetap mengutamakan kebijakan zonasi jarak. Pengambilan keputusan tersebut bukan untuk menggelar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kembali, karena jalur penerimaan sudah berakhir.

“Sisa kursi kosong di SMP negeri harus diisi dengan mekanisme baru sehingga kami mengambil kebijakan diskresi pengisian kursi kosong pada kelas VII SMPN. Ini bukan PPDB baru karena PPDB sudah selesai dan ditutup,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana, Jumat (20/7).

Dasar pelaksanaan pemenuhan kursi kosong kelas VII SMP negeri itu mengacu Surat Perintah Walikota Yogyakarta kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Nomor X.420/03 Tahun 2018 dan rekomendasi Forpi Kota Yogyakarta. Dia menyatakan seleksi pengisian kursi kosong adalah zonasi jarak karena esensi PPDB tahun ini adalah zonasi dan telah diatur dalam Permendikbud.

“Seleksinya tetap zonasi jarak RW ke sekolah, sehingga yang paling dekat yang akan diprioritaskan diterima,” ujarnya.

Peserta yang berhak mengikuti seleksi pengisian kursi kosong kelas VII SMP negeri di Kota Yogyakarta adalah warga Kota Yogya, pernah mendaftar di SMP negeri di kota pada PPDB 2018 tapi tidak diteirma di SMP negeri dengan bukti verifikasi pendaftaran. Selain itu menyerahkan Surat Keterangan Hasil Ujian Sekolah Berstandar Nasional (SKHUSBN).

“Dengan syarat itu masyarakat yang berhak bisa datang mendafar ke Dinas Pendidikan Senin (23/7) dan mengisi formulir yang kita sediakan. Pendaftar hanya boleh memilih satu SMP negeri. Nanti akan tampak di formulir memilih SMPN mana dan jaraknya,” terang Edy.

Disdik Kota Yogyakarta mencatat ada 9 kursi kusong SMP negeri dari sisa PPDB 2018 karena siswa yang dinyatatkan diterima tidak melakukan daftar ulang. Sembilan kursi tersebut terdapat di SMPN 3 Yogya 3 kursi, SMPN 5 Yogya 2 kursi, SMPN 6 Yogya 1 kursi, SMPN 7 Yogya 1 kursi, SMPN 11 Yogya 1 kursi dan SMPN 13 Yogya 1 kursi.

“Kepala sekolah sudah kami kumpulkan semua terkait pengisian kursi kosong di kelas VII itu,” tambahnya.

Pelayanan pendaftaran pengisian kursi kosong pada kelas VII SMP negeri di Kantor Disdik Kota Yogyakarta pukul 08.00-12.00 WIB. Termasuk verifikasi administrasi pendaftaran. Hasil seleksi pengisian kursi kosong diumumkan pada Selasa (24/7) pukul 08.00 WIB di Kantor Disdik Kota Yogya Jalan Hayam Wuruk. Informasi lebih lanjut mengena pengisian kursi kosong itu dapat diakses melalui laman <I>http://www.pendidikan.jogjakota.go.id/<P>. (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
LIMA BASKET 2018 – Putri UII Menangi Duel Sengit

SLEMAN (MERAPI) - Tim Putri Universitas Islam Indonesia (UII) sukses memenangi laga ketat menghadapi Universitas Sanata Dharma (USD) 30-26 di

Close