POLSEK GAMPING PENYULUHAN NARKOBA Kasus Narkoba di Kalangan Remaja Meningkat

 

Aiptu Ombang Siswoyo saat melakukan penyuluhan mengenai bahaya narkoba. (Merapi-Samento Sihono)
Aiptu Ombang Siswoyo saat melakukan penyuluhan mengenai bahaya narkoba. (Merapi-Samento Sihono)

GAMPING (MERAPI)- Masalah narkoba di Indonesia masih bersifat kompleks. Penyalahgunaan narkoba sudah merambah ke berbagai level, baik tua, muda bahkan anak-anak bisa terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba. Karena itu, penting bagi anak-anak mendapat bekal pengetahuan tentang dampak buruk penyalahgunaan narkoba sejak usia dini. Hal ini dimaksudkan untuk membentengi diri agar jangan sampai terpengaruh.

Untuk mencegah hal tersebut, Kepolisian Sektor (Polsek) Gamping menggelar penyuluhan bahaya narkotika kepada ratusan siswa baru Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2 Negeri Gamping, Rabu (18/7).

Kanit Reskrim Polsek Gamping Aiptu Ombang Siswoyo mengungkapkan, penyuluhan tersebut guna menyelamatkan generasi muda dari penyalahgunaan narkoba yang cenderung semakin meningkat.
Sehingga diharapkan penyuluhan tersebut bisa memberi manfaat di kalangan pelajar. “Penyuluhan ini dilakukan agar siswa paham dan lebih berhati-hati terhadap peredaran narkoba serta bahaya yang akan ditimbulkan,” beber Ombang.

Di samping itu, lanjut Ombang, penyuluhan dan sosialisasi dimaksudkan untuk memperluas informasi kepada para siswa tentang bahaya narkoba yang mengakibatkan hancurnya masa depan generasi muda penerus perjuangan bangsa.

“Dampak penggunaannya sangat fatal karena kerusakan yang ditimbulkannya permanen, sehingga perlu kita lakukan penyuluhan kepada pelajar agar mengetahui bahaya narkoba tersebut,” paparnya.
Ombang menambahkan dalam penyuluhan itu juga disampaikan materi pencegahan penyalahgunaan narkoba meliputi pengertian narkoba, jenis- jenis narkoba dan pengelompokan narkoba berdasarkan efek mengonsumsi narkoba.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyuluhan tata tertib berlalu lintas oleh Kanit Lantas Polsek Gamping AKP H Sugiyo. Menurutnya pemahaman terhadap rambu-rambu dan tata tertib lalu lintas juga sangatlah penting.

Selain terkait dengan keselamatan berkendara diri sendiri juga melibatkan keselamatan orang lain. “Dengan menanamkan cara berlalu lintas yang baik, bisa terbangun kesadaran tentang pentingnya keselamatan diri dan orang lain di jalan raya,” katanya.(Shn)

 

Read previous post:
Jamu Kalteng Putra, PSIM Siap Tempo Tinggi

YOGYA (MERAPI) - Gagal meraih poin penuh pada laga terakhirnya, PSIM Yogya berambisi untuk memperbaiki penampilannya untuk kembali menargetkan kemenangan

Close