PARKIR LIAR MASIH MUNCUL-Jalan Sarkem Dipasang Pembatas Water Barrier

Parkir liar masih bermunculan di area larangan parkir di Jalan Pasar Kembang. (MERAPI-ISTIMEWA) 
Parkir liar masih bermunculan di area larangan parkir di Jalan Pasar Kembang. (MERAPI-ISTIMEWA)

UMBULHARJO (MERAPI) – Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memasang pembatas jalan non permanen water barrier di selatan pintu pagar Stasiun Tugu Yogyakarta sisi timur. Pemasangan itu untuk meminimalisir parkir liar yang masih muncul di Jalan Pasar Kembang.

Menurut Kepala Bidang Angkutan Jalan, Pengendalian Operasi dan Keselamatan Lalu Lintas, Dishub Kota Yogyakarta, Sugeng Sanyoto setelah diadakan operasi parkir di Jalan Pasar Kembang, masih muncul parkir liar di lokasi itu. Padahal rambu larangan parkir sudah dipasang.

“Kecenderungan masyarakat yang ke stasiun parkir di situ. Makanya kami pasang <I>water barrier<P> di pintu masuk selatan stasiun untuk meminimalisir agar warga tidak parkir di sana,” kata Sugeng, Selasa (17/7).

Dia menjelaskan sepanjang Jalan Sarkem sudah dilarang untuk parkir kendaraan. Selain pemasangan rambu larangan, sosialisasi mengingatkan ke masyarakat telah dilakukan selama sebulan. Bahkan operasi gabungan dengan pihak terkait dan memberikan sanksi tilang kepada pemilik kendaraan yang parkir liar.

Dia menuturkan info Satlantas kepolisian setempat dari operasi gabungan parkir di Jalan Sarkem pemilik kendaraan parkir liar di jalan itu ada yang ditinggal ke Jombang. “Katanya ada tukang parkir di jalan itu. Padahal kami sudah tidak ada juru parkir di Jalan Pasar Kembang karena surat tugasnya sudah kami tarik,” tambahnya.

Dia menyampaikan seharusnya masyarakat yang ke Stasiun Tugu Yogyakarta memarkirkan kendaaraan di tempat yang disediakan stasiun lewat pintu barat. Kendaraan itu, lanjutnya, bisa parkir sampai depan pintu reservasi tiket. Untuk itu Dishub Kota Yogyakarta akan terus melakukan patroli dan operasi insidentil serta memasang spanduk himbauan parkir masuk lewat pintu barat.

“Hampir tiap hari kami patroli. Kalau ditemukan parkir di situ kami arahkan jangana parkir. Kami tidak bisa menindak karena itu kewenangan kepolisian terkait kendaran yang menyalahi rambu larangan parkir,” papar Sugeng.

Pihaknya kini juga memetakan potensi parkir liar dan pelanggaran parkir di beberap titik seperti Jalan Prof Yohanes sisi timur, Jalan C Simanjuntak, Jalan Pabringan dan kawasan Titik Nol Kilometer. Ditegaskan penertiban itu sudah menjadi standar operasional prosedur Dishub, Satpol PP dan kepolisian untuk penggal-penggal jalan yang rawan parkir liar.

“Sementara ini kami konsentrasi di Jalan Pasar Kembang karena senyampang dengan penataan semi pedestrian Malioboro, sehingga perlu optimalisasi jalan agar tidak ada bangkitan-bangkitan parkir liar,” tegasnya. (Tri)

Read previous post:
DIPERMALUKAN BALI UNITED 0-2 – Persija Takluk di Kandang

  BANTUL (MERAPI) - Persija Jakarta gagal meraih poin penuh ketika menjamu Bali United dalam lanjutan kompetisi Liga 1 musim

Close