Kelaparan, Pemuda Pangangguran Curi HP

MERAPI-SUKRO RIYADI Penyidik memeriksa tersangka Ut usai dibekuk.
MERAPI-SUKRO RIYADI
Penyidik memeriksa tersangka Ut usai dibekuk.

BANTUL (MERAPI)- Gara-gara nekat mencuri handphone, pemuda pengangguran Ut (27) asal Purbalingga nekat mencuri handphone milik Nur Aini (17) warga Tamanan Kulon, Banguntapan, Bantul. Pelaku akhirnya berhasil dibekuk aparat Resmob Polsek Banguntapan Bantul akhir pekan lalu setelah aksinya terekam kamera CCTV.
Dari tangan tersangka, petugas menyita barang bukti sebuah HP milik korban. Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi SH MH didampingi Panit Reskrim Aiptu Agus Rudationo SH kepada wartawan, Minggu (15/7) mengatakan, setelah mendapat laporan adanya kasus pencurian handphone milik korban, petugas memintai keterangan sejumlah saksi. Selain itu, polisi juga melacak lewat kamera CCTV. Saat kejadian, pelaku masuk ke rumah korban yang ditinggal pergi ke rumah temannya.

Suhadi mengatakan, setelah terjadi pencurian itu, pihak pemilik rumah menunjukan foto orang yang dicurigai mencuri. “Dalam rekaman CCTV itu, jelas terlihat lelaki berambut semir warna kuning muda yang mengambil HP korban,” ujarnya. Selang tiga hari, warga melihat orang yang dicurigai sebagai pelaku melintasi kampung Tamanan. Warga kemudian mengamankan pelaku dan membawanya ke lokasi terjadinya pencurian. Awalnya dia mengelak dan menampik semua tuduhan warga yang dialamatkan kepadanya. Namun setelah dibuka rekaman CCTV, Ut tidak bisa mengelak dan mengakui perbuatannya. Kepada polisi, Ut mengakui sudah melakukan pencurian. Dia mengatakan sangat terpaksa mencuri karena kelaparan. Sedang dia tak punya uang sepeser pun.

“Saya memang mencuri handphone itu. Tetapi itu semua saya lakukan karena saya sangat lapar sekali, dan saya tidak punya uang,” ujar Ut.
Sejak masuk ke Yogyakarta 10 hari lalu, Ut memang belum mendapat pekerjaan pasti. Sehingga dia kehabisan bekal. Menurut Ut, handphone korban sudah dijual ke Pleret seharga Rp 400 ribu. Padahal harga pasaran masih kisaran Rp 1,5 juta. “Uang dari jual handphone itu saya pakai hanya untuk makan,” ujarnya lirih. (Roy)

 

Read previous post:
Telur BPNT Bisa Dipasok Peternak Lokal

WATES (MERAPI) - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulonprogo melakukan pendataan terhadap peternak ayam petelur yang bersedia mensuplai permintaan telur

Close