KPU Kebut Perbaikan DPS


SLEMAN (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman langsung menindaklanjuti temuan dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) tentang Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang masih bermasalah. Terhitung tanggal 8-22 Juli memang masuk masa perbaikan DPS. Dimulai dari desa, kecamatan hingga kabupaten.

Ketua KPU Sleman Ahmad Shidqi mengatakan, pasca penyesahan DPS tanggal 22 Juni kemarin langsung diumumkan ke masyarakat. Pasa saat itu, KPU menerima banyak masukan. Baik dari masyarakat, tokoh masyarakat maupun pengawas tentang nama-nama yang tercantum dalam DPS.
“Masukan maupun temuan tersebut langsung kita lakukan perbaikan. Dimulai dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten. Nantinya nama-nama dalam perbaikan tersebut akan kita tetapkan sebagai DPS HP (hasil perbaikan),” ujarnya, Rabu (11/7).

Hasil DPS HP kembali diumumkan ke masyarakat selama sepekan. Pasa saat tersebut kembali, KPU menerima masukan untuk kembali disusun dan ditetapkan menjadi DPS HP tahap akhir. Nama-nama dalam DPS HP tahap akhir itu nantinya yang akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Beberapa nama yang kita koreksi seperti data pemilih ganda, identitas tidak jelas hingga nama yang belum masuk dalam DPS. Padahal sudah berusia 17 tahun dan\atau pernah menikah. Termasuk mereka yang masih aktif di TNI/Porli dan masuk dalam DPS,” urainya.

Sebelumnya, Panwaslu Sleman menemukan 9.311 nama dalam DPS bermasalah. Dari jumlah tersebut paling banyak karena data ganda yang mencapai 5.733 nama. Identitas tidak lengkap 2.748 nama, 473 nama yang sudah meninggal dunia masih tetap dimasukkan dalam DPS dan 276 nama tanpa NIK.

Selain itu 55 nama yang sudah memenuhi syarat namun justru belum terdaftar dalam DPS. Disisi lain 17 nama belum berusia 17 dan belum namun sudah masuk dalam DPS. Warga aktif TNI/Polri sebanyak 15 juga terdapat DPS serta dua nama memiliki NIK ganda.

“Kegandaan ada juga yang berasal dari kecamatan. Bahkan ada data ganda dan satu tempat pemungutan suara,” ungkap Ketua Panwaslu Sleman Ibnu Darpito. (Awh)

Read previous post:
Proyek Pembangunan di Enam Lokasi Diresmikan

BANTUL (MERAPI) - Pemerintah Kabupaten Bantul meresmikan proyek-proyek pembangunan fisik dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2017 di enam lokasi. "Tujuan

Close