KUOTA BELUM TERPENUHI – 2 SMP Memperpanjang Pendaftaran

SLEMAN (MERAPI) – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman memperpanjang masa pendaftaran di dua SMP. Tepatnya di SMP 3 Prambanan dan SMP 4 Prambanan. Hal itu dikarenakan kuota di kedua sekolah tersebut belum terpenuhi, meski masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah berakhir, Jumat (6/7) lalu.

Perpanjangan langsung dilakukan hari berikutnya atau Sabtu (7/7). Namun tetap saja tidak ada perubahan signifikan di dua sekolah tersebut. Di SMPN 3 Prambanan contohnya. Hari pertama masa perpanjangan tidak ada tambahan pendaftar. Di sekolah yang berada di Dusun Jali Desa Gayamharjo Kecamatan Prambanan tersebut, baru mendapatkan 86 siswa. Padahal daya tampungan adalah 128 siswa atau empat kelas.

Kepala SMPN 3 Prambanan Nuraini mengatakan, perpanjangan PPDB hingga tanggal 16 Juli 2019. Saat perpanjangan Hari Sabtu kemarin, di SMPN 3 Prambanan tidak mendapatkan tambahan calon peserta didik.

“Pendaftaran kita perpanjang atas arahan dari Disdik Sleman. Seharusnya pendaftaran sampai tanggal 16 Juli saja,” ujarnya, Minggu (8/7).

Upaya sudah dilakukan pihak sekolah dalam mendapatkan calon peserta didik. Salah satunya dengan sosialisasi ke SD yang ada di sekitar sekolah. Namun tetap saja kuotanya tidak terpenuhi.

Kekurangan siswa juga terjadi di SMPN 4 Prambanan. Dari daya tampungnya 63 siswa, sekolah yang berada di Desa Sambirejo tersebut baru terisi 45 siswa.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdik Sleman Ery Widaryana menuturkan, kekurangan siswa di sekolah tersebut tidak hanya terjadi pada PPDB tahun ini sana. Namun hampir setiap tahun. Letaknya yang berada di daerah pelosok, menjadi salah satu penyebabnya. “Khusus untuk dua sekolah tersebut memang diberi kesempatan untuk menerima calon peserta didik baru,” katanya.

Sementara itu dari 54 SMP negeri di Sleman, tertinggi masuk di SMPN 1 Kalasan dengan total nilai 310. Sedangkan untuk rerata nilai tertinggi ada di SMPN 4 Pakem dengan 290,41. (Awh)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
PSS Bertolak ke Palangkaraya Hari Ini

  BALIKPAPAN (MERAPI) - Skuad PSS Sleman kembali menggelar latihan taktik Minggu (8/7) kemarin. Kali ini Hisyam Tolle dkk beruntung

Close