Mayat Tanpa Tangan Gegerkan Parangtritis

BANTUL (MERAPI)-  Masyarakat kawasan Pantai Parangtritis, Kretek Bantul geger setelah ditemukan mayat tanpa kaki dan tangan di tepi pantai tersebut, Minggu (8/7) pagi. Kini jenazah mayat lelaki tanpa identitas itu berada di RS Bhayangkara untuk dilakukan pemeriksaan. Belum diketahui penyebab korban tewas, apakah karena kecelakaan atau sebab lain termasuk kejahatan.
Menurut keterangan, merujuk pemeriksaan luar dari SAR dan Tim Identifikasi Sat Reskrim Polres Bantul, mayat tersebut bukan Ismuimaulid Bali M (13) warga Condong Cambur Pejawaran Banjarnegara yang hilang dan terseret ombak di Pantai Parangtritis pada awal bulan lalu.

Komandan SAR Bantul Arif Nugraha kepada wartawan kemarin mengatakan, kasus penemuan mayat tersebut bermula ketika saksi Febriadi Pamungkas (23) anggota Polair Polda DIY dan Danang Asyudi (32) warga Mancingan XI Desa Parangtritis Kretek Bantul sekitar pukul 02.00 melakukan patroli di sepanjang Pantai Parangtritis. Mereka berdua berjalan dari sisi barat ke timur untuk mencari korban tenggelam yang belum ditemukan, yakni Ismuimaulid Bali M. Ketika sampai depan Pos SAR, kedua saksi dikejutkan adanya benda mencurigakan seperti manusia di tepi pantai. “Setelah mereka dekati dengan sorotan senter, ternyata memang benda mencurigakan itu mayat manusia,” ujarnya.

Penemuan itu langsung diinformasikan ke rekan lainnya dan jasad korban dievakuasi ke tepi pantai. Arif mengatakan, pada awalnya SAR menduga jika mayat yang ditemukan merupakan jasad Ismuimaulid Bali M yang hilang pada awal bulan ini. Namun setelah dicek dan dicocokan dengan pakaian yang dikenakan ketika hilang, ternyata mayat tersebut orang lain. “Kami pastikan dengan menghubungi keluarga, ternyata bukan korban yang hilang pekan lalu. Pihak keluarga tidak yakin mayat tersebut adalah keluarganya,” jelasnya.
Dikatakan, ketika ditemukan kondisi tubuh sudah tidak utuh. Bagian kepala tinggal tengkorak, sedang lengan tangan kiri dan kaki terputus. Mayat tersebut masih mengenakan celana panjang warna gelap dengan sabuk tali.
Kasat Reskrim Polres Bantul, AKP Rudi Prabowo SIK yang dikonfimasi terpisah belum bisa memberikan keterangan banyak terkait temuan mayat tanpa kaki dan tangan di Parangtritis itu. Polisi juga belum memastikan apakah mayat itu korban kecelakaan atau kejahatan. “Mayat itu sudah berada di RS Bhayangkara Polda DIY. Kami belum tahu pasti penyebab hilangnya tangan dan kaki korban,” ujarnya. Oleh karena itu pihaknya masih akan melakukan penyelidikan untuk mengungkap temuan mayat itu.

Seperti diberitakan, Tim SAR Parangtrutis memang tengah beurpaya mencari koran tenggelam yang masih hilang. Pada pekan lalu, dua orang wisatawan tersedot palung saat berenang di Pantai Parangtritis Kecamatan Kretek, Bantul, Minggu (1/7). Satu korban ditemukan tewas pada Senin (2/7) petang.
Korban yang ditemukan tewas adalah Mansyur (25) warga Condong Cambur, Dieng, Banjarnegara. Dia ditemukan di sekitar Pantai Goa Cemara, atau berjarak 8 kilometer dari lokasinya hilang. Sedang korban yang masih hilang adalah Ismuimaulid Bali M juga warga Dieng.  (Roy)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
ilustrasi
Usai Kencan, Waria Tewas Bugil di Kamar

YOGYA (MERAPI) - Seorang waria atau pria transgender, Ryt alias Ririn (50) ditemukan tewas usai kencan dengan seorang pria hidung

Close