CUKUR PERSIBA BALIKPAPAN 4-1 – PSS Amankan Posisi Dua

 

BALIKPAPAN (MERAPI) – PSS Sleman sukses mempermalukan Persiba Balikpapan 4-1 di depan pendukungnya sendiri Kamis (5/7) sore. Meski menang, PSS gagal memuncaki klasemen sementara lantaran di saat bersamaan pemuncak klasemen sementara Madura FC menggunduli tuan rumah Persigo Semeru FC tiga gol tanpa balas.

 

Sepasang gol Slamet Budiono dan dua gol lainnya yang dicetak Bagus Nirwanto dan Rifai Lastori dalam laga yang berlangsung di Stadion Batakan kemarin mengamankan posisi PSS di posisi dua klasemen sementara setelah satu hari sebelumnya dikudeta Blitar United yang menang 2-1 atas Mojokerto Putra.

 

“Anak-anak bermain bagus, main lepas hari ini. Saya apresiasi perjuangan mereka di lapangan yang sudah berhasil mengatasi tekanan dari tuan rumah. Tapi masih ada beberapa hal yang akan diperbaiki lagi ke depan sebelum melawna Kalteng Putra,” kata pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro usai pertandingan.

 

Dalam laga kemarin Seto kembali mengusung formasi 4-3-3. Samsul Chaerudin yang turut dibawa ke Balikpapan tidak diturunkan sejak menit awal. Seto mempercayakan tiga gelandang pada Dave Mustaine, Arie Sandy, dan Ichsan Pratama dengan tiga pemain depan, Rifai Lastori, Tambun Naibaho, dan Slamet Budiono. PSS sudah unggul 1-0 di menit ke-7 melalui Bagus Nirwanto yang sukses menyambar tendangan bebas Dave Mustaine yang mengenai tiang gawang terlebih dulu.

PSS nyaris unggul 2-0 di menit 15 ketika Slamet Budiono mampu menanduk umpan crossing Bagus Nirwanto. Sayang sundulannya mampu dimentahkan kiper Persiba.

 

Pendukung tuan rumah bersorak menit 27. Berawal dari umpan Faturahman dari sisi kanan pertahanan PSS, clearance Hisyam Tolle mengenai pemain Persiba yang langsung melepaskan umpan ke Siswanto. Striker gaek itu pun mampu menaklukkan Ega Rizky. Namun pendukung tuan rumah kembali terdiam menit 35 setelah Rifai Lastori mencetak gol kedua PSS setelah memperdaya pemain belakang Persiba Balikpapan. Skor 2-1 bertahan hingga jeda.

 

Di babak kedua, Laskar Sembada mempercepat tempo permainan. Seto merapatkan ruang antarpemain dan menginstruksikan umpan-umpan pendek. Slamet Budiono menjadi sosok mengerikan sepanjang babak kedua. Menit 59 solo run winger yang didatangkan dari Sriwijaya FC ini diakhiri dengan tembakan mendatar yang membuat PSS unggul 3-1. Delapan menit berselang, Slamet kembali menceploskan gol ke-4 PSS melalui skema serangan balik.

 

Unggul tiga gol, Seto kemudian memasukkan Samsul Chaeruddin dan Rangga Muslim. Masuknya Samsul membuat lini tengah PSS makin padat dan membuat Persiba kesulitan memainkan bola datar.

 

Strategi ini memaksa pelatih klub berjuluk Beruang Madu memainkan umpan-umpan panjang yang selalu mampu dipatahkan duet Hisyam Tolle dan Zamzani di jantung pertahanan. Namun, Persiba masih mampu menciptakan dua peluang emas melalui tandukan sang kapten Bryan Cesar. Beruntung Ega Rizky selalu sigap mengamankan gawangnya. Skor 4-1 bertahan hingga akhir.

 

Setelah Balikpapan, PSS akan bertandang ke Palangkaraya Kalimantan Tengah (Kalteng) menghadapi Kalteng Putra pada 10 Juli mendatang. (Des)

Read previous post:
Pemohon SKCK Membludak, Polres Sleman Layani Hingga Pukul 21.00 WIB

SLEMAN (MERAPI) - Momentum pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) serta kelulusan pelajar tingkat SMA dan SMK membuat jumlah permohonan Surat

Close