Disedot Palung Parangtritis, Wisatawan Ditemukan Tewas di Pantai Goa Cemara

KRETEK (MERAPI)- Dua orang wisatawan tersedot palung saat berenang di Pantai Parangtritis Kecamatan Kretek, Bantul, Minggu (1/7). Satu korban ditemukan tewas pada Senin (2/7) petang. Sedang satu korban lain, hingga kini masih dicari petugas.
Korban yang ditemukan tewas adalah Mansyur (25) warga Condong Cambur, Dieng, Banjarnegara. Sedang korban yang masih hilang adalah Bali (13), juga warga Dieng.
Koordinator SAR Wilayah IV Ali Sutanta Jaka Saputra didampingi Komandan SAR Bantul, Arif Nugraha kepada wartawan kemarin menjelaskan, korban Mansyur ditemukan di selatan menara Pandansari, Sanden, Bantul, yang berjarak sekitar 8 kilometer dari Pantai Parangtritis.

Dikatakan Ali, sebelum musibah terjadi, awalnya korban dan rombongan sampai di Pantai Parangtritis sekitar pukul 16.45 pada Minggu petang. Korban dan rombongan lainnya yang berjumlah 23 orang langsung mendekat ke pantai. Kemudian lima orang, termasuk kedua korban langsung main air di depan kawasan relokasi.
Ali mengatakan, begitu rombongan turun ke pantai, SAR dan Polair bergegas menghalau wisatawan agar tidak main ke laut. Namun sejumlah wisatawan, termasuk kedua korban tidak menghiraukan imbauan dari petugas SAR. “Korban berenang di dekat palung,” jelas Ali.

Karena korban tak menghiraukan imbauan SAR, musibah pun terjadi. Ketika sedang asyik main air, tiba-tiba korban Bali tersedot pusaran air. Melihat rekannya terbawa arus, Mansyur berusaha menyelamatkan temannya itu. Tetapi karena pusaran air sangat kencang, badan keduanya langsung hilang ditelan air. Melihat dua wisatawan terseret pusaran air, Junianto dari SAR Parangtiris berusaha menerabas gelombang.
“Namun kedua korban sudah terlebih dulu hilang dari permukaan,” ujar Ali.
Usai kejadian itu, Tim SAR gabungan dan petugas Polairud Polda DIY lansung melakukan pencarian menggunakan jaring. Selain itu, Tim SAR juga disebar untuk melakukan patroli.
Pada Senin pagi, patroli dilakukan dengan menyisir sepanjang pantai selatan. Namun baru petangnya, sekitar pukkul 17.00, korban Mansyur ditemukan. Menurut Ali, korban pertama ditemukan oleh Solikin Kusharyanto (34) warga Tegalrejo, Yogya yang tengah memancing. (Roy)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
ADAT WIWITAN BUKA GIRIPENI EXPO 2018 – Warga Antusias Ikuti Kirab Gunungan

UPACARA adat Wiwitan yang digelar tepat sebelum pelaksanaan panen padi di Bulak Dobangsan, Desa Giripeni, Kecamatan Wates, Kulonprogo, menjadi awal

Close