AKSI ANARKIS DI PN BANTUL DEMI SOLIDARITTAS-Tersangka Perusakan Tak Paham Vonis Hakim

BANTUL (MERAPI)- Kasat Reskrim Polres Bantul, AKP Rudi Prabowo menyatakan aksi perusakan gedung dan fasilitas di PN bantul tak direncanakan. Para pelaku kuat dugaan nekat berbuat anarkis karena spontanitas. Mereka juga tak paham dengan vonis yang dibacakan hakim.
Jika melihat vonis 5 bulan penjara dengan masa percobaan 9 bulan terhadap terdakwa Doni Bimo Saptoto (40) warga Cepit Pendowoharjo Sewon Bantul yang juga Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) ormas Pemuda Pancasila Bantul, sebenarnya tidaklah berat. Namun, massa justru kecewa dengan vonis itu.
Sesaat setelah vonis dibacakan, puluhan massa kemudian meneriakkan yel-yel sebelum melakukan aksi anarkis secara brutal. “Mereka itu berbuat anarkis atas dasar solidaritas, mereka mengira ketuanya mau ditahan dan dihukum berat,” ujar Rudi.

Dijelaskan, kuat dugaan para pelaku tak tahu atau tak paham dengan vonis hakim dan mengira terdakwa bakal menjalani hukuman berat. “Intinya mereka belum paham putusan dari majelis hakim PN Bantul, ” ujar Rudi.
Dari pemeriksaan sementara, kerusakan terjaid pada LED Smart 55 inc, monitor CCTV, mesin fax, meja pelayanan informasi dan pengumuman, kaca jendela kantor, kursi tunggu pelayanan, pintu kantor, banner informasi dan pelayanan serta pot bunga dan tanaman. Pihak PN Bantul mengalami kerugian sekitar Rp 60 juta.

Sebelumnya di tempat terpisah, Ketua PN Bantul, Agung Sulistyono SH SSos MHum mengatakan, peristiwa tersebut sangat mengganggu pelayanan di PN Bantul. Oleh karena itu pihaknya siap membantu Polres Bantul untuk mengungkap kasus tersebut. Untuk kedepannya, Agung minta kepada majelis hakim agar tidak takut ketika menangani kasus yang melibatkan massa dalam jumlah banyak. “Sehingga siapapun yang berbuat tindak pidana harus ditindak tegas,” jelas Agung. (Roy)

Read previous post:
JADWAL LIGA 3 NASIONAL DIUMUMKAN – Persiba Jamu Persipur di Laga Perdana

  BANTUL (MERAPI) - PSSI secara resmi telah mengumumkan jadwal pertandingan untuk kompetisi Liga 3 Nasional musim 2018. Persiba Bantul

Close