TERKAIT DPS – KPU Sleman Minta Masukan Masyarakat

SLEMAN (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman meminta masukan masyarakat, terkait Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2019 yang telah diumumkan beberapa waktu lalu. “Kami telah menetapkan dan mengumumkan DPS Pemilu 2019 sebanyak 779.687 nama. Kami harapkan ada masukan dari masyarakat terkait DPS ini,” kata Ketua KPU Kabupaten Sleman Ahmad Shidqi, Jumat (29/6).

Jumlah DPS Pemilu 2019 di Sleman lebih tinggi dibanding DPT Pemilu 2014, yang hanya sebanyak 777.068 nama. “Dari 17 kecamatan di Kabupaten Sleman, pemilih sementara terbanyak ada di Kecamatan Depok dengan 86.648 pemilih. Pemilih paling sedikit di Kecamatan Cangkringan dengan 23.823 nama,” katanya dikutip Antara.

Penentuan data pemilih bukan berdasar pada Daftar Penduduk Potensi Wilayah (DP4) Pilkada melainkan Pemilu 2014, kemudian dicocokkan saat tahap pencocokan dan penelitian (Coklit). “Nama-nama yang tidak memenuhi syarat (TMS) dicoret. Sedangkan pemilih pemula atau warga yang namanya belum masuk dapat dimasukkan untuk ditetapkan dalam DPS,” katanya.

Dia mengatakan, kebetulan nama yang masuk kategori TMS cukup banyak karena dalam tiga tahun terakhir yang meninggal dunia juga banyak. “Selain itu perubahan status hingga mutasi penduduk juga cukup banyak,” katanya.

Nama-nama dalam DPS sudah diumumkan dan ditempelkan di beberapa tempat strategis, seperti kantor desa maupun papan di RT maupun RW hingga pedukuhan yang terhitung mulai tanggal 18 Juni hingga 8 Juli 2018.

“Dalam masa pengumuman ini diharapkan masukan dari masyarakat. Apakah nama-nama yang masuk sudah benar atau belum. Termasuk nama yang belum masuk, padahal sudah memilih hak pilih,” katanya. (*)

Read previous post:
MERAPI-SAMENTO SIHONO Kombes Pol Hadi Utomo saat memberikan keterangan pers tentang penetapan tersangka perusakan PN Bantul.
3 ORANG JADI TERSANGKA-Polisi Buru Aktor Intelektual Perusakan PN Bantul

DEPOK (MERAPI)- Polda DIY bergerak cepat pascaperusakan ruang sidang Pengadilan Negeri (PN) Bantul. Beberapa jam setelah kejadian, polisi menangkap tiga

Close