Kampung Tertib Lantas Edukasi Masyarakat Berlalu Lintas

MERAPI-ISTIMEWA Tim penilai melakukan penilaian kampung lalulintas di Dusun Pendulan Sumberagung Moyudan Sleman.
MERAPI-ISTIMEWA
Tim penilai melakukan penilaian kampung lalulintas di Dusun Pendulan Sumberagung Moyudan Sleman.

MOYUDAN (MERAPI) – Ditlantas Polda DIY melakukan penilaian terhadap kampung tertib lalu lintas di Dusun Pendulan Sumberagung Moyudan, Sleman, Selasa (27/6). Dusun Pendulan sendiri menjadi pilot project Kampung Tertib Lalu Lintas di DIY.

Kampung tertib lantas merupakan program dari Korlantas Mabes Polri yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Penilaian program ini dilakukan secara langsung tim dari Dirlantas Polda DIY, Dishub Provinsi DIY dan Dinas Pariwisata Provinsi DIY.

“Kampung Tertib Lalu Lintas ini akan dijadikan pilot project pemolisian masyarakat berbasis Polantas untuk turut serta membantu keamanan dan keselamatan berlalu-lintas,” beber Kasat Lantas Polres Sleman AKP Faisal Pratama, Rabu (27/6).

Kampung Pendulan tersebut dinilai cukup representatif sebagai kampung tertib lantas. Menurutnya tujuan akhir dari adanya Kampung Tertib Lalu Lintas ialah menjadikan masyarakat sebagai pelopor keselamatan berlalu-lintas.

“Program kampung tertib lantas bermaksud merubah perilaku pengguna kendaraan bermotor di skup terkecil yaitu kampung,” katanya.

Seperti terlihat memang hampir setiap rumah memberikan edukasi, penerangan, dan rambu-rambu yang sifatnya adalah himbauan kapada warga di sini maupun warga yang datang ke sini. Sehingga ini merupakan wujud komitmen dari warga masyarakat sini.

“Kampung ini tidak bisa tercipta tanpa partisipasi dari warganya,” jelasnya.

Sedang dalam hal perubahan culture berlalu lintas Satlantas Polres Sleman bekerjasama dengan Dinas terkait dengan memberikan penyuluhan dan sosialisasi. Satlantas Polres Sleman mengadakan kegiatan safety riding untuk meningkatkan kompetensi berkendara.

“Harapan kami ke depan bisa menginspirasi kampung-kampung yang lain sehingga menjadi contoh, demikian juga di kabupaten-kabupaten lain. Untuk pengumuman akan dilaksanankan tanggal 5 – 6 Juli 2018,” tandasnya.

Dalam penilaian dilakukan oleh Kasubdit dikyasa AKBP Sulasmi, Kasi teknik bandara bidang perhubungan udara dan keselamatan transportasi Dinas Perhubungan DIY, Ayu Kusuma Nurharjanti dan kasi analisis pasar bidang pemasaran Dinas Pariwisata DIY, Fitri diah wahyuni. (Shn)

 

Read previous post:
ANTISIPASI KELELAHAN – Tim Pelatih PSS Ubah Cara Bermain

  SLEMAN (MERAPI) - Tim Pelatih PSS Sleman mulai membeberkan antisipasi menghadapi jadwal padat di bulan Juli. Salah satunya dengan

Close