PMI DIY Siapkan Bantuan Air Bersih

YOGYA (MERAPI) – Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan bantuan penyaluran air bersih bagi warga terdampak bencana kekeringan di Kabupaten Gunungkidul.

“Begitu nanti ada kebutuhan dari masyarakat dan muncul status siaga dari pemerintah kami siap menyalurkan air bersih,” kata Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi PMI DIY Warjiyani, Rabu (27/6).

Dia mengatakan seperti tahun-tahun sebelumnya, PMI DIY selalu membantu memasok kebutuhan air bersih, bukan hanya di Gunungkidul melainkan juga daerah-daerah lain yang berpotensi dilanda kekeringan, seperti Bantul, Kulonprogo dan Sleman.

“Bantuan nanti tergantung hasil ‘assesement’ yang akan kami lakukan,” paparnya dilansir Antara.

Pada musim kemarau 2015, kata dia, bantuan air bersih yang didistribusikan mencapai 350.000 liter untuk wilayah terdampak kekeringan di Kabupaten Gunungkidul, Bantul dan Sleman.

“Bantuan air bersih biasanya kami salurkan sekitar bulan Juli,” ujarnya.

Yani mengatakan tugas penyaluran bantuan air bersih termasuk tugas PMI sesuai Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2018. Selain memberikan pelayanan kesehatan dan sosial, PMI juga bertugas melaksanakan tugas kemanusiaan lainnya yang diberikan oleh pemerintah.

“Sehingga kesiapan kami memberikan bantuan adalah untuk ketahanan masyarakat, mengurangi risiko dan dampak bencana serta penyakit,” kata dia.

Berdasarkan catatan BPBD Gunungkidul, 96.523 jiwa di daerah itu mengalami kesulitan air bersih karena terkena bencana kekeringan pada musim kemarau.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Edy Basuki menyebutkan kawasan yang paling rawan kekeringan di pelosok selatan, seperti Kecamatan Purwosari, Panggang, Tepus, Rongkop, dan Girisubo. “Bagi pihak ketiga atau swasta yang akan menyalurkan bantuan dropping air bersih diimbau untuk melakukan koordinasi,” kata Edy. (Yan)

Read previous post:
Laman Masih Diperbaiki, Jadwal PPDB SMP Tak Berubah

  DANUREJAN (MERAPI) - Laman pengajuan pendaftaran online Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP negeri di www.yogya.siap–ppdb.com belum dapat

Close