Masuk Masa Tenang, Panwaskab Sukoharjo Tertibkan APK Pilgub

SUKOHARJO (MERAPI) – Panwaskab Sukoharjo bersama tim gabungan melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) Pilgub Jawa Tengah 2018 disemua wilayah. Hasilnya ratusan APK diamankan mengingat proses Pilgub Jawa Tengah 2018 sekarang memasuki masa tenang.

Anggota Panwaskab Sukoharjo Eko Budiyanto, Senin (25/6) mengatakan, penertiban APK dilaksanakan Panwaskab Sukoharjo bersama petugas dari tim gabungan lainnya. Mereka yang terlibat dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kesbang dan Polres Sukoharjo. Petugas disebar disemua wilayah dengan sasaran APK dua calon gubernur peserta Pilgub Jawa Tengah 2018.

Penertiban dimulai pada Minggu dan Senin (24-25/6) dengan hasil ratusan APK ditertibkan petugas dari tim gabungan. APK yang disita berwujud berbagai bentuk seperti baliho, spanduk dan lainnya. APK tersebut sudah tidak boleh dipasang mengingat sekarang sudah masuk masa tenang.

Pada saat masa tenang selain APK larangan juga diberlakukan pada masing masing calon gubernur dan calon wakil gubernur peserta Pilgub Jawa Tengah 2018 untuk kampanye. Segala bentuk larangan tersebut tidak boleh dilanggar dan akan ada sanksi tegas bagi pelaku pelanggaran.

“Jika masih ada pasangan calon ataupun tim sukses melakukan kecurangan-kecurangan saat masa tenang seperti melakukan kampanye, money politik, bagi-bagi sembako, SARA, intervensi serta intimidasi terhadap pemilih, maka Panwaskab Sukoharjo akan mengambil tindakan sesuai Peraturan dan ketentuan undang-undang yang berlaku,” ujar Eko Budiyanto.

Panwaskab Sukoharjo selama masa tenang juga akan melakukan pemantauan disemua wilayah untuk memastika semua berjalan sesuai ketentuan. Dalam pengawasan juga dilibatkan seluruh komponen baik petugas dari satuan lain maupun masyarakat umum.

“Misal ada temuan dugaan pelanggaran maka masyarakat bisa memberikan informasi dan laporan ke petugas. Setelah itu bisa ditindaklanjuti oleh Panwaskab Sukoharjo,” lanjutnya.

Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo mengatakan, ikut terlibat dalam tim gabungan bersama Panwaskab Sukoharjo melakukan penertiban terhadap APK disemua wilayah. Penertiban dilangsungkan selama dua hari mulai Minggu (24/6) diawali di tengah kota Sukoharjo. Selanjutnya penertiban serupa juga dilakukan diwilayah lain sampai di pinggiran Sukoharjo.

Selama penertiban APK petugas tidak mendapatkan kendala karena melibatkan banyak petugas dari tim gabungan. Selain itu juga menggunakan armada truk untuk mengangkut dan sejumlah alat mempermudah selama penertiban.

“Personel sudah disebar disemua wilayah melakukan pemantauan. Apabila masih ada APK maka bisa langsung ditertibkan,” ujar Heru Indarjo. (Mam)

Read previous post:
MERAPI-SAMENTO SIHONO Wisatawan menikmati jip lava tour beberapa hari lalu. Jip wisata dihentikan sementara selama 3 hari untuk dievaluasi.
JIP WISATA DIHENTIKAN SEMENTARA -Sopir Nekat Beroperasi Terancam Sanksi Tegas

CANGKRINGAN (MERAPI)- Sebagai buntut kecelakaan yang menewaskan satu wisatawan beberapa hari lalu, jip wisata lava tour Gunung Merapi disetop sementara

Close