FORPI DESAK PEMKOT TEGAKKAN HUKUM -Tindak Tegas Pembuang Sampah Sembarangan

 

Sampah masih berserakan di sisi selatan Stasiun Tugu Yogyakarta. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Sampah masih berserakan di sisi selatan Stasiun Tugu Yogyakarta. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

YOGYA (MERAPI) – Anggota Forpi kota Yogyakarta Bidang Pemantauan dan Investigasi Kota Yogyakarta, Baharuddin Kamba SH meminta Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan penegakan hukum terhadap para pelaku yang membuang sampah sembarangan.

Karena sesuai pasal 16 Perda No 18 Tahun 2002 menyatakan bagi siapapun yang dengan sengaja maupun tak sengaja membuang sampah terancam denda sebesar Rp 2 juta dan kurungan selama 3 bulan.
“Sekarang ini tinggal nunggu penegakan hukum dilakukan karena perda sudah ada. Karena sampai saat ini belum ada penegakan hukum bagi pembuang sampah sembarangan,” ujar Baharuddin Kamba SH usai pemantauan sumpah di beberapa sudut Kota Yogyakarta, Jumat (22/6).

Disebutkan, Forpi menemukan sampah yang berserakan hampir di sepanjang jalan pedestrian sisi selatan stasiun Tugu Yogyakarta. Hal ini jelas menganggu pemandangan dan mencemari lingkungan dengan timbulnya bau busuk.

Untuk itu persoalan sampah harus segera diatasi. Karena keberadaan sampah yang berserakan akan mengganggu para wisatawan yang datang ke Yogyakarta.

Apalagi sampah Stasiun Tugu Yogyakarta menjadi salah satu pintu masuk para wisatawan harus menjadi perhatian sangat serius dari para pemangku kepentingan untuk segera diatasi.

Bahkan sebagai efek jera pemkot harus tegas menegakkan hukum Perda Sampah yang sudah ada. Selain itu pemkot juga harus memberikan fasilitas tempat sampah yang memadai di tempat-tempat atau fasilitas umum yang sering dikunjungi dan dilewati masyarakat. (C-5)

 

Read previous post:
KPU Sukoharjo Distribusikan Logistik Pilgub

SUKOHARJO (MERAPI) - Distribusi logistik Pilgub Jawa Tengah 2018 mulai dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo selama dua hari terhitung

Close