Tawangmangu Dipadati Pengunjung Luar Daerah

MERAPI-ABDUL ALIM Wisatawan memadati Bukit Sekipan, Tawangmangu.
MERAPI-ABDUL ALIM
Wisatawan memadati Bukit Sekipan, Tawangmangu.

KAWASAN wisata Tawangmangu di Lereng Gunung Lawu menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang dipadati pengunjung setiap musim liburan, termasuk libur Lebaran tahun ini. Tak pelak, kemacetan tak bisa dihindari sepanjang jalur utama di area wisata di Karangpandan, Ngargoyoso dan Tawangmangu. Polres Karanganyar sudah memberlakukan rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi kemacetan, namun tetap terjadi penumpukan di persimpangan rawan macet.

Pada jalur menuju Tawangmangu-Magetan, terlihat berjubel di depan Terminal Karangpandan. Rata-rata pengguna jalan merupakan wisatawan dari luar kota dengan menaiki mobil pribadi. Di titik tersebut dipasang pemisah jalur. Kemudian, lalu lintas macet terdeteksi di depan Terminal Tawangmangu.

Kapolsek Tawangmangu, AKP Riyanto menyampaikan arus lalu lintas dari Karanganyar ke Tawangmangu pada Minggu (17/6) padat sejak pukul 09.00 WIB. Kondisi itu berbeda pada Sabtu. Arus lalu lintas mulai padat pada pukul 11.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

“Ekor kemacetan dari Karanganyar ke Tawangmangu itu dari Kalisamin. Lalu pertigaan Somokado sebagian kendaraan dialihkan lewat jalan lama yang tembus ke pertigaan arah Riverhills. Dari arah berlawanan itu kami masukkan ke Terminal Tawangmangu untuk mengurangi volume kendaraan,” kata Kapolsek saat berbincang dengan wartawan di sela-sela melakukan patroli, Senin (18/6).

Seluruh anggota Polsek Tawangmangu dibantu Polres Karanganyar dan sukarelawan turun memantau arus lalu lintas dari Srandong hingga Cemoro Kandang. Selain rekayasa arus lalu lintas itu, polisi juga melakukan rekayasa arus lalu lintas di pertigaan Matesih. Polisi memberlakukan buka tutup jalan. Arus dari Magetan akan diarahkan melalui Matesih dan sebagian melalui Karangpandan.

“Mengurangi volume dari atas (Magetan). Senin-Selasa masih kami antisipasi warga yang masih ingin memanfaatkan liburan. Rata-rata tujuannya ke objek wisata, seperti Taman Balekambang, Bukit Sekipan, The Lawu Park, dan outbond di Rumah Atsiri Plumbon. Walaupun arus lalu lintas cukup padat, tetapi kecelakaan negatif,” katanya. (Lim)

Read previous post:
DINILAI BERLARUT-LARUT- JCW Pertanyakan Penanganan Dakons Jatimulyo

  YOGYA (MERAPI) - Jogja Corruption Watch (JCW) meminta kepada Polda DIY untuk transparan dalam menangani kasus dugaan korupsi dana

Close