Arus Mudik dan Balik Lebaran Sukoharjo Lancar

Ilustrasi

SUKOHARJO (MERAPI) – Arus mudik dan balik Lebaran 2018 di Sukoharjo berjalan lancar tanpa hambatan signifikan. Hal tersebut terjadi karena kesiapan infrastruktur khususnya jalan dan petugas dari tim gabungan untuk membantu pengaturan lalu lintas. Hingga H + 3 Lebaran belum ada kejadian menonjol baik kecelakaan maupun tindak kriminal besar. Kalaupun ada hanya kemecatan sesaat yang dapat diurai petugas di lapangan.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Senin (18/6) mengatakan, pihaknya terus memantau perkembangan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2018. Sebab di era pemerintahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pembangunan infrastruktus terus digenjot dan salah satu manfaatnya dirasakan masyarakat saat arus mudik dan balik Lebaran. Pemkab Sukoharjo melakukan hal serupa dengan menggenjot pembangunan infrastruktur khususnya jalan dan jembatan disejumlah wilayah.

Pelaksanaan pembangunan dilakukan secara bertahap sejak beberapa tahun lalu dan puncaknya terjadi tahun ini. Seluruh jalan di Sukoharjo sudah selesai dilebarkan dan diperbaikan baik dengan cara pengasalan ulang maupun cor beton. Tidak kalah penting pembangunan jembatan penghubung juga sudah selesai dikerjakan dibeberapa wilayah.

“Infrastruktur Sukoharjo baik jalan dan jembatan untuk digunakan masyarakat setiap hari termasuk siap untuk arus mudik dan balik Lebaran 2018,” ujar Wardoyo Wijaya.

Jalan baik di tengah kota maupun di wilayah perbatasan Sukoharjo dengan Kota Solo, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Boyolali di Kecamatan Kartasura serta di Kecamatan Weru berbatasan dengan Gunungkidul, Yogyakarta sepenuhnya siap. Jalan tidak hanya layak dilintasi mobil pribadi pemudik namun juga memadai untuk kendaraan besar karena sudah dilebarkan.

“Termasuk jembatan penghubung sudah dibangun Pemkab Sukoharjo seperti Jembatan Merah atau Kretek Abang di Blimbing, Gatak yang menghubungkan Wonosari, Kabupaten Klaten dan di Tanjung Nguter – Lengking, Bulu menghubungkan Kabupaten Wonogiri siap dan sudah dilintasi pemudik saat arus mudik dan Balik Lebaran 2018,” lanjutnya.
Pemkab Sukoharjo masih terus melakukan pembangunan infrastruktur jalan untuk memperlancar arus lalu lintas kendaraan. Jalan tersebut nantinya kedepan juga bisa digunakan sebagai jalur mudik dan balik Lebaran.

“Masih ada program yang dipersiapkan Pemkab Sukoharjo yakni membangun infrastruktur berupa Jalur Lingkar Timur (JLT). Pembangunan ini kedepan diharapkan semakin memperlancar kendaraan termasuk dipakai untuk mudik dan balik Lebaran tahun berikutnya,” lanjutnya.
Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi mengatakan, pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2018 berjalan lancar. Kendaraan dari berbagai daerah yang masuk Sukoharjo dapat tertangani dengan baik berkat kelengkapan infrastruktur dan kesiapan petugas dari tim gabungan.

“Infrastruktur memegang peran sangat penting untuk kelancaran arus lalu lintas kendaraan saat arus mudik dan balik Lebaran. Kelancaran semakin lengkap berkat dukungan semua pihak dan petugas tim gabungan melakukan pengaturan,” ujar AKBP Iwan Saktiadi.
Polres Sukoharjo mendukung sepenuhnya pembangunan dan kelengkapan infrastruktur jalan untuk mudik lebaran. Termasuk penyediaan dari pemerintah berupa jalan tol.

“Sukoharjo menjadi salah satu daerah yang ada kelengkapan pintu tol di Ngasem dan ini sangat membantu pemudik,” lanjutnya. (Mam)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Puluhan Mobil Tak Kuat Nanjak Cinomati

DLINGO (MERAPI) - Makin populernya objek wisata di Dlingo Bantul membuat jalur Cinomati kian padat. Namun demikian, belum semua pengemudi

Close