KENCUR RIMPANG RIMPANG SERBA GUNA DI JAWA (10) – Obat Bagus Bersihkan Darah

MERAPI-JB SANTOSO Getah kencur jadi obat mata terasa pegal.
MERAPI-JB SANTOSO
Getah kencur jadi obat mata terasa pegal.

BERIKUT cara menggunakan kencur untuk mengatasi radang anak telinga. Ambil 2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan setengah biji buah pala. Cara menggunakannya, kedua bahan tersebut ditumbuk halus dan diberi 2 sendok hangat. Oleskan di seputar hidung.

Sudah kita sampaikan dua cara membuat jamu beras-kencur dan beberapa manfaat praktis kencur dalam pengobatan tradisional. Namun masih ada beberapa manfaat lain yang belum disampaikan, yakni terkait manfaatnya untuk membersihkan darah, memperlancar haid, mata pegal dan keseleo. Selain itu juga akan kita simak kencur gajah, yang rimpangnya berukuran lebih besar namun sedikit mengandung minyak atsiri.

Berikut racikan berbahan kencur uang dapat digunakan untuk membersihkan darah. Bahannya terdiri 4 rimpang kencur sebesar ibu jari, 2 lembar daun trengguli, 2 biji cengkeh kering, adas pulawaras secukupnya. Cara membuat, semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring. Cara menggunakan diminum 2 kali sehari secara teratur.

Ada beberapa macam gangguan pada haid, yang paling umum adalah nyeri haid dan terlambat haid. Sakit pada haid sebeanrnya adalah hal yang biasa, tetapi bila sakitnay berlebihan maka patut dicurigai adanya tumor. Tapi dapat juga karena terjadi peradangan di dalam vagina atau rahim.

Rasa nyeri yang dialami biasanya amat tajam, terkadfang disertai dengan keram di bagian bawah perut. Penyebab gangguan kesehatan ini belum diketahui secara pasti. Namun diduga karena adanya kontraksi otot rahim yang disebabkan tingginya kadar hormone prostaglandin. Selain itu nyeri haid juga dapat dipicu oleh kondisi psikologis seperti rasa tegang yang berlebihan.

Sementara terlambat haid merupakan salah satu gangguan yang sering dialami kaum wanita, terutam dialami wanita yang memiliki tingkat emosional tidak stabil.
Penyebab terlambat haid diduga karena kelainan produksi hormon, kelainan pada rahim atau indung telur. Dapat juga disebabkan oleh stress dan pengaruh lingkungan.

Selain nyeri haid dan terlambat haid, wanita juga sering mengalamai ketidakteraturan dating haid. Gangguan semacam ini sering disebut amenorrhoea. Ini terjadi pada wanita dalam usia produktif padahal dia tidak dalam kondisi sedang mengandung.

Amenorrhoea biasanya disebabkan oleh sesuatu atau gangguan penyakit. Misal penyakit jantung, demam kepialu, tuberkulosa dan lain sebagainya yang dapat mengganggu datangnya haid. Obesitas juga bisa menyebabkan datangnya haid tertahan.

Gejala pada gangguan haid pada umumnya badan terasa tidak enak. Terasa kejang dan nyeri kalau sampai tiba saatnya haid namun belum juga keluar. Anjuran pakar kesehatan, yang bersangkutan agar bersitirahat sebaik-baiknya dengan berbaring di tempat tidur.

Penderita sebaiknya mengindari makan daging. Makanlah sayuran dan buah-buahan yang masak dalam pohon seperti pepaya, belimbing dan jeruk manis. Lakukan buang air besar dan hajad kecil secara teratur. Minumlah banyak air putih dan kurangi kopi serta teh.

Banyak herbal dapat digunakan untuk menyembuhkan gangguan kesehatan ini. Kencur juga menajadi salah satu herbal yang dapat diandalkan. Bahan yang dibutuhkan adalah 2 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 lembar daun trengguli, 1 biji buah cengkeh tua, adas pulawaras secukupnya.

Cara membuat, kencur dicincang, kemudian dicampur dengan bahan lain dan direbus bersama dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring. Cara menggunakan diminum sekali sehari 2 cangkir.

Berikut manfaat kencur untuk mengobati mata pegal. Bahannya, ambil 1 potong rimpang. Cara membuat kencur dibelah menjadi 2 bagian. Cara menggunakan, permukaan yang masih basah dipakai untuk menggosok pelupuk mata. (dari berbagai sumber) – (JB Santoso)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Tebu Bantu Redakan Panas Tinggi

TEBU dikenal sebagai bahan baku pembuatan gula pasir. Sebagian warga ada yang senang menanam jenis tebu di pekarangan rumah, sekadar

Close