Cokelat Turunkan Risiko Pembekuan Darah

MERAPI-SULISTYANTO Minuman berbahan cokelat, enak dan menyehatkan.
MERAPI-SULISTYANTO
Minuman berbahan cokelat, enak dan menyehatkan.

MINUMAN berbahan alami seperti perpaduan buah blewah, melon, nangka dan alpukat termasuk asupan sehat. Selain minuman berbahan buah-buahan, minuman berbahan cokelat yang terbuat dari biji kakao pun bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini seperti diyakini kru lokasi kuliner Klopo di kawasan Nogotirto Gamping Sleman, Dewi Riza Astuti. Minuman cokelat yang dibuat dari cokelat bubuk dan batangan selain tampil khas, enak juga mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan badan.

“Minuman cokelat dapat juga dikombinasi bahan lain termasuk es batu, selain segar juga mempunyai manfaat kesehatan. Saya sendiri juga senang minuman cokelat,” jelas Dewi.

Minuman berbahan cokelat antara lain dipercaya dapat membantu melawan susah tidur (insomnia), menurunkan risiko pembekuan darah serta melindungi terhadap kanker usus. Selain itu cokelat diyakini mampu mensuplai kalsium dan magnesium bagi tubuh. Ditambah lagi membantu meningkatkan kemampuan berkonsentrasi serta sebagai sumber anti oksidan yang berguna untuk /melawan radikal bebas di dalam tubuh.

MERAPI-SULISTYANTO Dewi Riza Astuti.
MERAPI-SULISTYANTO
Dewi Riza Astuti.

Sedangkan menurut pemilik usaha kuliner setempat, Wachid B, saat Ramadan pihaknya menyediakan menu takjil seperti kacang hijau dan kolak. Lalu ada juga menu baru berbahan baku terung. Baik kacang hijau serta terung banyak dipercaya juga mempunyai beberapa manfaat kesehatan, baik sebagai usaha pencegahan serta melawan keluhan penyakit.

“Masakan berbahan terung ada yang kami kombinasi dengan daging ayam maupun ikan,” sebutnya.

Manfaat terung terlebih jenis terung ungu, misalnya membantu menurunkan risiko serangan jantung. Pasalnya, kandungan serat, beta karoten dan anti oksidan yang tinggi. Selain itu terung juga memiliki kadar atau jumlah kalium yang cukup tinggi, sehingga dipercaya cukup efektif mencegah serangan hipertensi atau darah tinggi. (Yan)

 

 

Read previous post:
Turi Lawan Batu Ginjal

KEBERADAAN tanaman turi layak dilestarikan. Secara turun-temurun, bunga turi sudah dikenal memiliki sejumlah khasiat kesehatan seperti mengatasi sulit buang air

Close