Tari Saman Gayo Jadi Warisan Dunia

MERAPI-ISTIMEWA Tarian Saman dimainkan para gadis dan perjaka.
MERAPI-ISTIMEWA
Tarian Saman dimainkan para gadis dan perjaka.

SIAPA yang tak kenal Tari Saman Gayo yang dinamik itu? Sejak tahun 2011 dikukuhkan oleh UNESCO sebagai salah satu Warisan Kemanusian untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi sebagai peninggalan nenek moyang masyarakat Aceh (Indonesia).

Gerakannya yang dinamik, rampak, cepat dan mengasyikkan itu hampir selalu memukau penonton. Tak mmebuat mata berkedip sedikitpun. Lebih lagi apabila dibawakan oleh perjaka-perjaka ganteng atau gadis-gadis cantik. Yap, tarian asli Indonesia yang adiluhung itu memang perlu dihaga kelestariannya.
Tari Saman memiliki keunikan, kekompakan para penari yang melakukan gerakan-gerakan menakjubkan membuat tarian ini terlihat begitu menghentak dan menimbulkan suasana penuh energi.

Ada dua unsur gerak yang menjadi dasar dalam tari saman, tepuk tangan dan tepuk dada. Tari yang berasal dari daerah Gayo ini termasuk salah satu tarian yang unik. Selain menampilkan gerak tepuk tangan, ada juga gerakan-gerakan lainnya, seperti gerak guncang, kirep, lingang, dan surang-saring. Semua nama gerakan dalam bahasa Gayo.

Tari ini diciptakan pada sekitar abad XIV Masehi. Dahulu, tarian ini hanya berupa permainan rakyat bernama pok ane. Saat itu, Tari Saman sempat dijadikan sebagai salah satu media untuk berdakwah. Seiring perjalanan waktu, ada penambahan berupa iringan syair yang berisi puji-pujian kepada Tuhan yang diiringi tepukan tangan para penari. Pada awalnya, tari saman hanya ditampilkan pada acara-acara tertentu seperti saat Maulid Nabi Muhamad SAW. Tapi dalam perkembangannya, tari saman kini bisa digolongkan sebagai salah satu tari hiburan. Ditampilkan pada setiap kesempatan yang sifatnya kegembiraan, seperti pesta pernikahan atau perayaan lainnya, dan tidak lagi terikat dengan upacara tertentu. (JB Santoso)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
CERITA MISTERI – Sepandai-pandai Tupai Melompat…

SEJAK dulu hingga sekarang, banyak pekerjaan halal bisa dilakukan. Pekerjaan yang bermanfaat selain untuk dirinya sendiri juga bagi sesama atau

Close