Wortel Bantu Cegah Kanker

MERAPI-SULISTYANTO Wortel mampu mendukung kesehatan badan termasuk mencegah kanker.
MERAPI-SULISTYANTO
Wortel mampu mendukung kesehatan badan termasuk mencegah kanker.

WORTEL sangat mudah ditemukan di pasaran dan harganya cukup terjangkau. Rutin mengkonsumsi wortel, baik mentah untuk lalapan maupun diolah menjadi asupan lain dipercaya membantu mencegah rabun senja. Pasalnya, wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Sedangkan kandungan tinggi beta karotennya mampu membantu mencegah kanker.

Ditambah lagi sifat antioksidannya yang bisa membantu melawan kerja destruktif sel-sel kanker. Selain itu beta karoten membantu sistem kekebalan tubuh yang menghasilkan killer cell alami. Bahkan, beta karoten membantu sistem kekebalan tubuh. Lalu kandungan pectin pada wortel ikut membantu menurunkan kolesterol darah.

Serat yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Ditambah lagi kaum hawa banyak memanfaatkan wortel guna mengatasi sejumlah gangguan pada kulit seperti jerawat, bengkak bernanah maupun kulit kering. Masalah-masalah seperti ini antara lain dipicu kebiasaan minum alkohol, obat-obatan, rokok dan diet. Alhasil, menimbulkan kondisi asam yang tinggi dalam darah. Dengan rutin mengonsumsi jus wortel diharapkan dapat mengatasi gangguan pada kulit.

Adapun nama ilmiahnya wortel, yaitu Daucus carota dan termasuk tumbuhan sayur berwarna oranye. Bisa ditanam sepanjang tahun terutama di daerah pegunungan yang memiliki suhu udara lembab dan dingin. Rata-rata pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Selain itu membutuhkan sinar matahari yang cukup. Tanaman wortel mempunyai batang daun basah berupa sekumpulan pelepah atau tangkai daun. Munculnya dari pangkal buah bagian atas dan mirip daun seledri. (Yan)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Akar Kangkung Musuh Wasir

BEBERAPA bahan alami diyakini dapat menjadi musuh wasir. Satu di antaranya akar kangkung. Caranya, akar kangkung dicuci bersih lalu direbus.

Close