Akar Wangi Rival Ketombe

ilustrasi tanaman akar wangi

TANAMAN akar wangi dapat diproses menjadi minyak atsiri. Selain itu diyakini mempunyai khasiat obat alami. Beberapa zat yang terkandung dalam akar wangi yang baik bagi kesehatan, misalnya vetiveron, asam vetivena, vetiverol dan vetiverol ester. Sebagai musuh serangan demam, ada yang cukup merebus bagian akarnya dengan air bersih. Lalu disaring dan air hasil rebusannya diminum dalam keadaan masih hangat.

Dibanding menggunakan obat-obat yang mengandung bahan kimia dan menimbulkan efek samping, akar wangi bisa dijadikan alternatif obat panas demam yang aman. Manfaat lainnya, yakni untuk membantu menghilangkan ketombe serta mengusir kutu yang bersarang di rambut. Cara sederhananya, cukup menggunakan air rebusan akar wangi sebagai shampo. Gunakan secara rutin agar ketombe dan kutu tak datang lagi. Dengan trik alami ini, diharapkan rambut bisa tampil lebih sehat serta bersih.

Bahkan akar wangi bisa membantu mengatasi luka luar karena pendarahan yang lebih cepat kering. Caranya, bagian akar wangi ditumbuk sampai halus lalu dibalurkan ke area luka. Lalu dibalut dengan menggunakan perban atau kain kasa supaya zat dari akar wangi yang berfungsi sebagai penyembuh luka menjadi cepat masuk ke dalam luka dan membunuh semua bakteri. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Labu Siam Sebagai Sumber Antioksidan

BERAGAM jenis sayuran dapat diolah menjadi asupan sehat. Pemilik Warunk Penasaran di kawasan Sidoagung Sleman, Yanti Suyamti mengungkapkan, aneka jenis

Close