Sayur Cegah Penyakit Jantung dan Kanker

MERAPI-SULISTYANTO Pecel terbuat dari perpaduan beberapa jenis sayur yang bermanfaat bagi kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Pecel terbuat dari perpaduan beberapa jenis sayur yang bermanfaat bagi kesehatan.

ASUPAN sehat banyak dari jenis sayur. Pengelola usaha kuliner dan kopi di kawasan Seyegan Sleman Tri Winarno menegaskan, aneka jenis sayur selain kaya kandungan gizi juga banyak manfaat atau khasiat kesehatannya. Tak jarang beberapa jenis sayur digabungkan untuk dijadikan makanan atau masakan lezat, enak, bergizi serta bermanfaat bagi kesehatan.

“Beberapa jenis sayur digabungkan antara lain wujud pecel, disantap dengan sambal dan kerupuk semakin enak, bergizi dan bagus untuk kesehatan. Sayur pecel di tempat kami antara lain ada jenis sayur bayam, kacang panjang, bunga turi, kecipir, daun kenikir, sawi dan tauge,” ungkap Tri.

Jika dirinci satu persatu, beberapa jenis sayur tersebut mempunyai manfaat kesehatan tersendiri. Namun secara umum, sayur dipercaya dapat mencegah penyakit jantung, kanker, membersihkan racun di tubuh, sebagai sumber energi, menjaga kesehatan kulit, syaraf serta mata. Tak ketinggalan dapat melancarkan buang air besar, sumber vitamin/ mineral, sumber utama serat dan meningkatkan sistem imun tubuh.

MERAPI-SULISTYANTO Tri Winarno.
MERAPI-SULISTYANTO
Tri Winarno.

Bahkan selain bermanfaat untuk membantu membuang racun dalam aliran darah dan kulit, sayuran juga merupakan cara terbaik untuk menghilangkan efek polusi di dalam tubuh yang memang secara alami menetralisir racun di organ dalam tubuh melalui proses yang dinamakan detoksifikasi. Agar detoksifikasi berjalan baik, perlu juga istirahat/ tidur yang baik kisaran tujuh sampai delapan sehari dan banyak minum air putih dan buah-buahan.

“Namun ketika akan mengolah aneka jenis sayur, sebaiknya dicuci bersih terlebih dahulu, untuk menghindari zat-zat kimia berbahaya yang mungkin terkandung di bagian luar sayuran,” tegasnya. (Yan)

 

 

Read previous post:
CERITA MISTERI – Bayangan Hitam Kyai Ireng

SUDAH puluhan tahun Pak Parjo (bukan nama sebenarnya) menjadi tukang kebun dan tukang bersih-bersih di Sekolah Dasar (SD) Ngunut. Petugas

Close