Umbi Bit Bantu Tingkatkan Stamina

MERAPI-SULISTYANTO Umbi bit bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan
MERAPI-SULISTYANTO
Umbi bit bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan

Umbi bit atau beetroot memiliki banyak kandungan gizi, antara lain sebagai sumber vitamin C serta B. Selain itu kaya kandungan zat besi yang diyakini mampu menangkal darah rendah. Pasalnya, mampu mengaktifkan kembali dan meregenarasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah. Bahkan mampu membantu meningkatkan stamina. Cara memanfaatkannya seperti dengan dibuat minuman jus.

Jika digunakan sebagai rival serangan ketombe, caranya dengan merebus bit dengan sedikit cuka alami (apple cider vinegar). Selanjutnya dioles-oleskan dan dipijat lembut ke kulit kepala. Dibiarkan semalaman dibungkus dengan handuk. Keesokan harinya dibilas dan dikeramas sampai bersih. Selain itu jus bit kaya sekali akan kandungan oksidan yang dibutuhkan oleh para pasien dengan masalah kanker. Caranya, dua wortel ukuran sedang dicincang, setengah bit ukuran sedang juga dicincang. Masih ditambah lagi dua batang selederi lokal atau satu batang selederi impor, 30 gram bayam dan empat batang parsley. Semuanya dijus dan segera diminum.

Bahkan bit bisa dimanfaatkan membantu program diet, karena umbi ini tak mengandung lemak, sedikit kalori dan sumber serat yang bagus. Lalu akar dan daun hijaunya mengandung zat besi, kalium, folat dan vitamin C, bagus untuk asupan wanita hamil. Jika untuk membantu mengatasi gangguan menstruasi, minum tiga kali sehari, sebanyak setengah gelas setiap minum. Sedangkan zat potassium (kalium) dan khlor di dalam bit dapat digunakan untuk membersihkan hati, ginjal dan kandung empedu serta mengaktifkan kelenjar-kelenjar tubuh. (Yan)

 

Read previous post:
Air Zam-zam Dukung Metabolisme

AIR zam-zam sudah tak asing lagi, apalagi bagi umat muslim. Pasalnya, sering menjadi oleh-oleh setelah pulang naik haji maupun umrah.

Close