MEDIA DISPLAY ‘TELEVISI ONLINE’ – Dekatkan Masjid dengan Teknologi

MERAPI-SULISTYANTO Wanto menunjukkan media display wujud layar televisi online.
MERAPI-SULISTYANTO
Wanto menunjukkan media display wujud layar televisi online.

SUDAH biasa melihat jam digital terpasang di ruangan utama suatu masjid? Pemasangan jam digital termasuk suatu langkah mendekatkan masjid dengan teknologi. Kian canggih lagi jika terpasang media display wujud layar televisi online, misalnya telah terpasang di Masjid Ar Royyan kawasan Wirosaban Barat Yogya.

Menurut pembuat media display yang juga warga setempat, Wanto Miarsa Nugroho, teknologi tersebut baru terpasang di beberapa masjid, sebab memang belum banyak disosilisasikan. Baru gethok tular atau masjid yang pengurusnya kenal dengannya. Pada belakang layar televisi, terpasang layaknya mini komputer. Bahkan dapat dioperasikan secara online menggunakan smartphone.

“Saya mendesain media display ini dengan watt kecil, hanya kisaran delapan watt jadi tak memboroskan listrik dan bisa menyala 24 jam setiap harinya,” jelas Wanto.

Ditambahkan, pada media display layar televisi online selain tertulis jam, hari maupun jadwal salat dapat juga berisi ayat-ayat Alquran dan Hadis. Selain itu aneka informasi pengurus masjid untuk jemaah, jadwal kegiatan masjid, laporan jumlah infak sampai dengan iklan produk/usaha milik jemaah. Bahkan dapat mempermudah masjid dan mushola untuk saling terhubung dan berkomunikasi, memenej banyak hal untuk tertib administrasi dan tertib dokumentasi.

“Bahkan informasi ke jamaah dapat secara cepat, efisien, terencana dengan lingkup sangat luas. Selain itu dengan menggunakan media display informasi berupa layar televisi online dipadukan dengan aplikasi mobile yang saling terhubung akan memperluas area syiar dan dakwah. Sistem ini akan menjadi platform yang diharapkan sangat membantu dan mempermudah para pengurus masjid dan mushola di manapun,” tandas Wanto. (Yan)

 

Read previous post:
PANTAU MAKANAN-MINUMAN KADALUARSA – Wabup dan Dandim Sleman Sidak Swalayan

SLEMAN (MERAPI) - Jelang lebaran Idul Fitri membuat daya beli masyarakat khususnya di Kabupaten Sleman makin meningkat. Untuk memantau makanan

Close