Kantong Parkir Malioboro Berkurang

Petugas Jogoboro menertibkan pengemudi taksi agar tidak berhenti di Jalan Malioboro. (MERAPI-TRI DARMIYATI)
Petugas Jogoboro menertibkan pengemudi taksi agar tidak berhenti di Jalan Malioboro. (MERAPI-TRI DARMIYATI)

UMBUHARJO (MERAPI) – Masyarakat yang akan berwisata di kawasan Malioboro diimbau tidak menggunakan kendaraan pribadi agar tidak kesulitan mencari tempat parkir. Pasalnya kantong-kantong parkir di kawasan Malioboro berkurang dua titik.

“Memang berkurang karena tempat parkir di Jalan Beskalan selatan Ramai Mall sedang dalam masa pembangunan. Eks Bioskop Indra juga sudah tidak bisa dipakai untuk parkir karena sedang dibangun sentra PKL Malioboro,” kata Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Imanudin Aziz, Rabu (13/6).

Untuk mengantisipasinya sejumlah Tempat Khusus Parkir (TKP) swasta dapat digunakan seperti ketandan eks UPN, TKP swasta barat Arma 11. Selain itu di TKP swasta di Jalan Brigjend Katamso di eks Taman Hiburan Rakyat Purawisata dan di utara eks Purawisata.

“TKP swasta barat arma sebelas untuk mobil dan bus sedang. Sedangkan parkir di THR Jalan Brigjend Katamso dan utaranya untuk bus besar,” tambahnya.

Sementara parkir sepeda motor pengunjung Malioboro disediakan di TKP Abu Bakar Ali dan sisi selatan menuju ke Ketandan. Di samping itu ada TKP Senopati untuk parkir bus, TKP Ngabean untuk bus dan TKP Pasar Sore di selatan Pasar Beringharjo.

Secara terpisah Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Wirawan Haryo Yudo juga mengakui kantong parkir terbatas. Dia menjelaskan parkir di Stasiun Tugu Yogyakarta yang biasanya dimanfaatkan sebagai kantong parkir tambahan wisatawan Malioboro saat libur panjang, tidak memungkinan dipakai saat libur Lebaran.

“Memang saat libur nonlebaran kita bisa pakai parkir di Stasiun Tugu untuk parkir alternatif Malioboro. Tapi saat libur Lebaran di sana, akan lebih banyak dipakai parkir kendaraan oleh pengguna jasa kereta api sendiri,” terang Wirawan.

Oleh sebab itu pihaknya berkoordinasi dengan pemilik parkir swasta dan kantong-kantong parkir di persil-persil milik pribadi swasta. Salah satunya parkir di sekitar Stadion Mandala Krida.

Di sisi lain lalu lintas di Kota Yogyakarta selama libur lebaran akan semakin padat karena volume kendaraan melintas melonjak. Dia menyebut dari prediksi secara nasional kepadatan lalu lintas sekitar 60 persen adalah kendaraan pribadi.

“Harapan kami masyarakat yang akan ke Malioboro menggunakan kendaraan umum. Ada Trans Jogja, taksi, angkutan online, agar tidak kesulitan mencari tempat parkir. Tempat parkir di Malioboro terbatas,” ucapnya

Pihaknya juga menegaskan tidak ada kenaikan tarif parkir selama libur lebaran dan tetap mengacu pada perda perkir. Dia mengaku sudah membina parkir dan terus melakukan penertiban agar wisatawan tetap nyaman. (Tri)

Read previous post:
KENCUR RIMPANG RIMPANG SERBA GUNA DI JAWA (3) – Kampiun Netralkan Asam Bongkrek

BASIL tetanus (clostridium tetani) banyak terdapat di permukaan tanah, terutama tanah-tanah yang bercampur dengan kotoran hewan (ternak) seperti lembu, kuda,

Close