JELANG LEBARAN – Pemkab Pati Gelar Aneka Bantuan

Bupati H Haryanto menyerahkan bantuan ke Baznas Pati. (MERAPI-Alwi Alaydrus)
Bupati H Haryanto menyerahkan bantuan ke Baznas Pati. (MERAPI-Alwi Alaydrus)

PATI ( MERAPI ) – Selama bulan Ramadhan disalurkan bantuan keuangan untuk 5.557 lembaga keagamaan sebesar Rp 2,77 miliar. Bantuan juga diberikan bagi takmir masjid, pengelola gereja, vihara dan kelenteng.

‘Pengelola tempat ibadah diperhatikan pemkab karena mereka mempunyai tugas, yang secara tidak langsung membantu pemerintah, yakni dalam hal menjaga kerukunan antar umat. Mereka juga memberikan pendidikan non formal seperti pendidikan alquran maupun sekolah minggu,”. Demikian ditegaskan bupati Pati, H Haryanto SH MM MSI, Selasa (12/6).

Selain ke pengelola tempat ibadah, pemkab juga memberikan santunan bagi tukang becak, juru parkir, petugas kebersihan dan anak yatim piatu. Tercatat ada penyaluran bantuan senilai Rp 723.780.000. Serta membeayai pulang mudik bagi perantau di Jakarta.

Sedang dalam kegiatan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pati, disalurkan zakat maupun infaq secara langsung. ASN yang mendapat gaji 13 dan gaji 14 dapat menyisihkan rejekinya untuk zakat atau infaq.

Menurut wakil ketua Baznas Pati, H Sutaji, hingga bulan lalu saja, terkumpul dana Rp 3.545.807.000. Dan penyaluran zakat mencapai Rp 1.963.203.325.

Mobil Dinas

Menjelang H-3 Lebaran masih sempat terlihat mobil dinas. Hal tersebut karena keputusan dari pemkab yang memperbolehkan pejabat untuk menggunakan kendaraan dinas asal untuk menunjang kelancaran dalam menjalankan tugasnya.

‘Kalau untuk menunjang kepentingan dinas diperbolehkan,” ucap sekda Pati, H Ir Suharyono MM.

Semua mobil dinas akan diparkir di masing-masing kantor Organisasi Perangkat Daerah. (Cuk)

 

Read previous post:
Sosialisasi Pencoblosan ke Penyandang Disabilitas

KARANGANYAR (MERAPI) - Sebanyak 1.500-an calon pemilih dari kalangan difabel bakal mendapat kemudahan saat pemungutan suara Pilkada serentak, 27 Juni

Close