Metode Seto Lahirkan Persaingan Antarpemain

 

SLEMAN (MERAPI) – Persaingan antarpemain PSS Sleman untuk mendapatkan tempat utama di bawah Pelatih Kepala Seto Nurdiyantoro mulai terlihat. Persaingan ini pula yang menjadi salah satu faktor naiknya grafik permainan Laskar Sembada dalam tiga pertandingan terakhir, khususnya saat meladeni Tim Nasional (Timnas) U-19.

 

“Persaingan antarpemain itu penting dalam sebuah tim asal sehat. Saya senang melihat itu di tim saat ini artinya pemain kasih 100 persen saat latihan dan ketika dipercaya turun dalam pertandingan. Itu salah satu faktor naiknya grafik,” kata Seto, Selasa (12/6) sore.

 

Persaingan sehat ini dibenarkan banyak pemain PSS. Ilham Zahrul Mila contohnya. Winger kelahiran 2 Mei 1998 ini tengah bersaing dengan Thaufan Hidayat, Slamet Budiono, Rangga Muslim, dan Rifai Lastori di tempat utama. “Saya tidak mau cuma jadi pelengkap. Makanya setiap latihan saya kasih yang terbaik, begitu juga mungkin sama teman-teman yang lainnya. Kami boleh bersaing tapi yang paling penting PSS tetap nomor satu, kepentingan tim di atas segalanya,” beber Mila.

 

Begitu juga dengan Rangga Muslim. Dalam lima pertandingan Grup Timur Liga 2, Rangga kerap menjadi supersub. Dari lima pertandingan ia sudah mengoleksi dua assist. Rangga tak mau kalah dengan pemain sayap lainnya namun ia sadar bahwa dengan metode yang diaplikasikan Seto, setiap pemain punya kesempatan sama. Rifai Lastori juga menunjukkan grafik meningkat dalam empat laga. Ia mulai nyaman beroperasi di sayap kiri dengan formasi 4-3-3 yang diterapkan Seto dan kerap menjadi pilihan utama.

 

“Tidak jaminan diturunkan terus kalau grafiknya turun. Inilah yang membuat kami termotivasi untuk meningkatkan performa selama latihan dan kerja keras mempertahankannya. Persaingan ini kabar baik karena bisa angkat tim,” tegas Rifai Lastori.

 

Seto datang di tengah badai. Usai mundurnya Herry Kiswanto (Herkis), Seto dihadapkan pada situasi di mana mental para pemain amburadul. Setelah itu badai cedera datang yang dilanjutkan dicabutnya status pinjaman Cristian Gonzales dari PSS. Mulanya Seto melakukan pendekatan psikologis pada para pemain dengan mengajak bicara dan membenahi mental pemain dengan membebaskan peran mereka di lapangan dengan formasi yang lebih menyerang melawan Persegres, PSBS, dan Martapura FC. Baru selama Ramadan ini Seto mulai masuk pada latihan taktik.

 

“Kami semua mendukung cara Pelatih dalam melatih. Situasinya sekarang jauh lebih nyaman. Kami makin dekat satu sama lain dan mulai kembali nyaman dalam latihan formasi-formasi. Kuncinya hanya kerja keras dan mengedepankan tim,” kata Kapten Hisyam Tolle. (Des)

Read previous post:
Target Bertahan PSIM Masih Realistis

  YOGYA (MERAPI) - Masih tertahan di dasar klasemen sementara Grup Timur dengan defisit satu poin pada kompetisi Liga 2

Close