TAK BISA URUS JAMKESDA-Warga Kecele Datangi Balaikota

UMBULHARJO (MERAPI) – Cuti bersama Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah dimulai Senin (11/6). Namun demikian belum semua masyarakat mengetahuinya. Akibatnya beberapa warga yang datang ke Balaikota, kecele dan kecewa karena tidak bisa mengakses pelayanan publik Pemkot Yogyakarta.

Seorang warga Klitren, Gondokusuman, Anang tidak mengetahui bahwa mulai Senin, PNS cuti bersama libur Lebaran, sehingga dia terlihat kebingungan mencari informasi karena kondisi perkantoran tutup. Dia hanya mengikuti saran dari pihak pelayanan kesehatan untuk pengurusan administrasi terkait Jamkesda ke Balaikota.

“Mau mengurus Jamkesda karena pasien mau keluar dari Rumah Sakit Jogja. Saya disuruh ke layanan Jamkesda di sini (Balaikota) minta tanda tangan,” kata Anang.

Tidak hanya Anang, seorang warga lainnya yang akan mengurus Jamkesda kemarin juga tidak bisa mengakses pelayanan di Pemkot Yogyakarta. Warga pun terpaksa pulang setelah mencari informasi terkait tutupnya pelayanan Jamkesda di pemkot. “Mau mengajukan Jamkesda untuk mengurus pasien keluar dari rumah sakit,” ujar warga yang enggan disebut namanya.

Beberapa warga lain yang akan mengurus perizinan di Dinas Perizinan dan Penanama Modal Kota Yogyakarta juga kecele. Seperti diketahui PNS mulai cuti bersama libur lebaran Senin (11/6) dan baru masuk pada Kamis (21/6) mendatang.

Menanggapi hal itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta Fita Yulia Kisworini mengatakan, pelayanan Jamkesda dilakukan saat jam kerja PNS. Berbeda dengan JKN BPJS yang berlaku maksmal 3×24 jam. Namun dimungkinkan ada kebijakan selama libur Lebaran dengan pihak pelayanan kesehatan terkait Jamkesda.

“Kalau Jamkeda, kita jam kerja. Biasanya ada kebijakan dari kita ke sana (pelayanan kesehatan),” ujar Fita.

Secara terpisah Kepala Seksi Penjaminan dan Peningkatan Mutu Kesehatan Dinkes Kota Yogyakarta Umi Nur Chariyati membenarkan pelayanan Jamkesda dilakukan saat jam kerja PNS. Oleh sebab itu pelayanan Jamkesda di Pemkot Yogyakarta baru dapat dilayani kembali pada 21 Juni 2018 saat PNS kembali masuk kerja usai libur Lebaran.

“Kami sudah buat surat edaran ke puskemas dan rumah sakit terkait pelayanan Jamkesda. Masyarakat tinggal datang ke puskemas dan rumah sakit, nanti diarahkan di sana cara-caranya,” terang Umi.

Terkait prosedur tanda tangan dari Jamkesda guna pengurusan pasien keluar rumah sakit lantaran perawatan selesai, dia menilai tidak perlu mengurus Jamkesda di pemkot. Masyarakat, lanjutnya, dapat langsung mengurus Jamkesda itu di rumah sakit maupun puskemas. (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
RSUD Wates Siagakan 12 Dokter Umum

WATES (MERAPI) - RSUD Wates menyiagakan 12 dokter umum untuk melayani pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) selama libur Lebaran.

Close