KEPADATAN DI DIY DIPREDIKSI USAI LEBARAN-Cek Posko Pengamanan Mudik, Kapolda: Semuanya Sudah Siap

MERAPI-SAMENTO SHONO Kapolda saat melakukan pantauan di Posko Monjali
MERAPI-SAMENTO SHONO
Kapolda saat melakukan pantauan di Posko Monjali

SLEMAN (MERAPI)- Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri melakukan pemantauan langsung ke sejumlah posko pengamanan dan pelayanan dalam Operasi Ketupat Progo 2018, Minggu (10/6). Pemantauan dilakukan untuk memastikan kesiapan petugas dan juga kesiapan jalur mudik.
Dengan mengendarai sepeda motor gede, Kapolda didampingi Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Latif Usman berkeliling memantau dan meninjau posko pengamanan. Rombongan melakukan tinjauan di Posko Tetek, Titik Nol, Tugu, Monjali, Kalasan, Piyungan dan Jalan Wonosari.
“Semuanya sudah siap, baik petugas di pos masing-masing maupun rambu-rambu,” ujar Kapolda saat melakukan pantauan di Posko Monjali.
Pemantauan ini dilakukan Kapolda selama dua hari. Hari pertama pantauan khusus dilakukan di wilayah Timur. Sedangkan hari kedua pantauan akan dilakukan di arah barat menuju jalur perbatasan Purworejo, lewat Jalan Deandels hingga sampai wilayah Bantul.

“Hasil pemantauan hari pertama, seluruh pos sudah berjalan dengan baik, koordinasi lintas sektoral juga telah dilakukan. Setiap pos tidak lagi berjalan sendiri-sendiri, tapi sudah menjadi satu dari berbagai sektor seperti kesehatan, Linmas dan lain sebagainya,” tandasnya.
Berdasarkan pemantauannya, selama Sabtu (9/6) hingga Minggu (10/6) belum ada kepadatan yang berarti di jalur-jalur utama seperti jalur Ringroad. Hanya saja diakuinya kepadatan sudah terjadi pada moda transportasi pesawat udara.
Menurutnya, kepadatan di DIY akan terjadi setelah Lebaran. Pasalnya kunjungan wisata akan meningkat pada saat libur Lebaran. Akibatnya, posko-posko yang didirikan baru akan dimanfaatkan oleh masyarakat pada saat setelah Lebaran.

“Lonjakan pemudik di Yogya belum signifikan. Justru lonjakan pemudik di pesawat sudah mulai. Kamarin yang datang sekitar 15.000 orang dan yang berangkat ada sekitar 13.000 penumpang,” katanya.
Posko pengamanan yang disediakan polisi nampaknya belum sepenuhnya dmanfaatkan pemudik. Salah satunya seorang pemudik asal Cilacap, Jawa Tengah, Enggar Wuryanti. Dia mengaku sungkan jika harus memanfaatkan tempat beristirahat di posko Lebaran. Ia lebih memilih duduk istirahat di emperan toko untuk menunggu naik transportasi selanjutnya.
“Tadi saya naik kreta api, mau mudik ke rumah orangtua di Turi,” pungkasnya. (Shn)

 

Read previous post:
Wawali Minta OPD On Call Selama Libur Lebaran

UMBULHARJO (MERAPI) - Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengegaskan, walaupun Pegawai Negeri Sipil cuti bersama dan libur Lebaran, namun layanan

Close