Wawali Minta OPD On Call Selama Libur Lebaran

UMBULHARJO (MERAPI) – Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengegaskan, walaupun Pegawai Negeri Sipil cuti bersama dan libur Lebaran, namun layanan kegawatdaruratan tetap beroperasional.

Pihaknya juga meminta semua kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Yogyakarta harus siap siaga telepon atau on call. Terutama yang berhubungan dengan layanan kesehatan, Dinas Kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD).

“Semua OPD harus on call. Terutama yang mempunyai layanan kedaruratan harus siap on call. OPD juga harus menugaskan petugas-petugas piket yang siap berjaga selama libur Lebaran,” tegas Heroe, Jumat (8/6).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta, Fita Yulia Kisworini mengutarakan, selama cuti bersama PNS, 18 Puskesmas tetap buka memberikan pelayanan ke masyarakat. “Pelayanannya sesuai jadwal. Misalnya imunisasi akan dilaksanakan sesuai jadwal,” kata Fita.

Namun pihaknya mengingatkan ada perubahan jam pelayanan di Puskesmas selama libur cuti bersama. Dia menyebut Puskesmas akan membuka layanan saat libur cuti bersama dari pukul 07.30 WIB sampai 12.00 WIB.

Layanan Puskesmas akan tutup pada 14-18 Juni 2018 yakni pada H-1 Lebaran dan dua hari saat libur Hari Raya Idul Fitri. Di samping itu bersamaan dengan hari libur kerja Sabtu dan Minggu. Meski demikian ada 2 puskesmas yang tetap saat libur Lebaran yakni Puskesmas Tegalrejo dan Jetis.

“Puskesmas yang melayani 24 jam tetap buka saat libur Lebaran,” ujarnya.

Dia menjelaskan selama puskemas tutup, pelayanan rawat jalan di Rumah Sakit Jogja tutup, akan dialihkan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RS Pratama, Bhethesda dan Rumah Sakit Ludiro Husodo. Selain itu, beberapa rumah sakit lainnya di Yogyakarta pada layanan IGD juga tersedia.

Dinkes Yogyakarta juga menempatkan petugas kesehatan di beberapa posko lebaran yang didirikan tersebar di simpang jalan, terminal dan stasiun. Untuk kejadian kegawatdaruratan, masyarakat juga dapat menghubungi layanan panggilan Publik Service Center (PSC) (0274) 119 atau di Yogya Emergency Service (YES) 118. (Tri)

Read previous post:
UJI COBA TERAKHIR MENANG – PSS Asah Formasi Anyar

SLEMAN (MERAPI) - PSS Sleman sukses memenangi uji coba terakhir melawan peringkat dua Piala Ramadan, PS Wedomartani dan KKK Klajuran

Close