PEMKAB PATI CAIRKAN THR RP 46,9 M – 237 Napi Mendapat Remisi

Tenda posko arus mudik di Pati. (MERAPI-Alwi Alaydrus)
Tenda posko arus mudik di Pati. (MERAPI-Alwi Alaydrus)

PATI (MERAPI) – Dari 390 penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Pati, sebanyak 237 narapidana diantaranya mendapat remisi. Kemudian untuk membantu pemulangan warganya dari Jakarta, Pemkab Pati menyediakan 33 armada bus untuk angkutan mudik gratis. Dan Pemkab Pati mengeluarkan dana hingga Rp. 46,9 miliar untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) untuk 10.961 pegawainya.

Dari pantauan wartawan, dengan semakin dekatnya hari lebaran, terjadi lonjakan arus mudik di pantura Jateng timur. Namun pemudik cukup terbantu karena mendapat bantuan layanan dari sejumlah posko arus mudik.

Seperti pendirian posko arus mudik yang dibuat Forum Wartawan Pati (FWP) yang mengambil tempat di dekat pasar Pragolo.

Kepala Bagian Pembinaan Lapas Kelas II B Pati, Kismiyanto mengungkapkan, usulan remisi dengan jumlah sebanyak itu memang sengaja dilakukan, karena untuk mengurangi jumlah penghuni lapas. “Lapas Pati sudah overcapasitas (kelebihan penghuni). Sehingga, perlu pengurangan. Diantaranya mengajukan remisi dengan jumlah yang cukup banyak” ujarnya, Kamis (7/6).

Kismiyanto memastikan, jika jumlah penghuni lapas akan bertambah lagi. Karena pihaknya sudah mendapat informasi kalau menjelang lebaran, akan mendapat limpahan dari Polres.

Mudik Gratis

Guna membantu warganya yang bekerja di Jakarta, maka pemkab Pati menyediakan 33 bus untuk mudik gratis.

Kepala Dinas Perhubungan Pati, Sudarlan mengatakan, mudik gratis 2018 ini merupakan kerjasama Pemkab Pati, Kementerian Perhubungan dan PT Jasa Raharja. “Mudik gratis akan diikuti 1.580 orang diberangkatkan dari Ancol, Jakarta, dan tiba di terminal Kembangjoyo Pati” ujarnya.

Sementara itu, Pemkab Pati harus memgeluarkan dana Rp. 46,9 miliar guna membayar THR Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala Vidang Perbendaharaan Dinas Pendapaten Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Pati, Like Hermawati menyatakan ada 10.961 ASN di Pati yang menerima THR.

“Pemberian THR sudah sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2018 tentang Pemberian THR Tahun Anggaran 2018 kepada PNS” ujarnya.

“THR sudah dicairkan. Namun akan cair lagi dana tunjangan umum dan tunjangan perbaikan penghasilan (TPP)” tambah Like Herawati. (Cuk)

 

Read previous post:
Waspadai Jalur Wisata Lereng Lawu

KARANGANYAR (MERAPI) - Pengamanan jalur wisata lereng Lawu mendapat prioritas pengamanan. Selain rawan macet juga problem lainnya. "Pada hari pertama

Close