Mercon Racikan Sendiri Meledak, Pelajar di Kulonprogo Luka Bakar

MERAPI-AMIN KUNTARI Petugas Polsek Pengasih melakukan olah TKP di kediaman Heri
MERAPI-AMIN KUNTARI
Petugas Polsek Pengasih melakukan olah TKP di kediaman Heri

PENGASIH (MERAPI)- Seorang pelajar SMA warga Dusun Timpang, Desa Pengasih, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo, Heri Setiawan (17) mengalami luka bakar cukup parah setelah bubuk mesiu bahan pembuat mercon yang diraciknya meledak hebat, Rabu (6/6). Tidak hanya melukai tangan dan kaki Heri, ledakan mercon juga membuat kediamannya rusak parah pada bagian atap.
Kapolsek Pengasih, Kompol Salim kepada wartawan menuturkan, peristiwa ledakan bermula saat Heri berniat mengeluarkan bubuk mesiu dari petasan simpanannya untuk dicampur dengan bahan mercon baru. Saat itu dia kedatangan Ari Supadmanto (40) warga Dusun Kroco, Desa Sendangsari, untuk membeli longsong petasan yang dibuat Heri. Korban kemudian bermaksud mengeluarkan sebuah petasan racikannya untuk diuji coba sebelum dijual kepada Ari.

”Heri mengeluarkan bubuk mesiu dari petasan. Keduanya lalu mencoba menyulut mesiu tersebut dengan api untuk mengetahui apakah masih aktif atau tidak,” kata Kompol Salim.
Uji coba bubuk mesiu pertamakali dilakukan calon pembeli, Ari Supadmanto, namun gagal. Heri kemudian menggantikan Ari dalam menyulut bubuk mesiu itu. Saat dia mencoba menyulut petasan itu, tanpa diduga meledak hebat. Sekonyong-konyong, keduanya lari keluar rumah. Warga sekitar bahkan turut dibuat geger karena suara ledakan yang ditimbulkan sangat keras.
“Heri mengalami luka bakar pada bagian kaki kanan dan kedua tangannya,” imbuhnya. Warga segera menolong korban dan membawanya ke RSUD Wates. (Unt)

Read previous post:
THR PNS Pemkot Yogya Cair

UMBULHARJO (MERAPI) - Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkot Yogyakarta Rabu (6/6) hari ini dicairkan.

Close