Gambas Bantu Atasi Radang Tenggorok

MERAPI-SULISTYANTO  Gambas memiliki khasiat obat alami.
MERAPI-SULISTYANTO
Gambas memiliki khasiat obat alami.

JENIS sayur gambas, pare dan kol atau kobis sudah tak asing lagi di masyarakat. Terutama gambas setelah diolah menjadi sayur  mempunyai cita rasa khas. Tak kalah penting mempunyai beberapa manfaat bagus bagi kesehatan.

Jenis sayur gambas mempunyai kandungan mineral yang cukup tinggi, terutama ca dan mg. Gambas pun diyakini bisa membantu terapi  penderita darah tinggi dan diabetes.  Lain halnya jika ada yang terserang radang tenggorok. Cara memanfaatkannya,  yakni bisa mengkonsumsi satu buah oyong muda dalam bentuk jus dan ditambahkan ke dalamnya gula batu. Selanjutnya diminum antara dua sampai tiga kali sehari secara teratur.

Selain itu gambas alias oyong juga berkhasiat menambah volume atau melancarkan air susu ibu. Caranya, buah oyong sekaligus biji-bijinya dipanggang lalu ditumbuk halus. Setelah itu diseduh, setiap enam gram bubuk oyong dengan setengah gelas air panas. Bahan ini diminum satu atau dua kali dalam sehari. Jika untuk anak-anak yang menderita cacingan, bisa dengan mengkonsumsi biji oyong hitam 30 gram sedangkan untuk dewasa 40 sampai 50 gram. Caranya, oyong ditumbuk halus, lalu diseduh dengan air panas secukupnya dan diminum sehari sekali.

Jika untuk penderita radang usus, disarankan menggunakan gambas yang sudah tua secukupnya. Lalu dipotong-potong hingga kering dan ditumbuk hingga halus. Setiap 20 gram bubuk oyong diseduh dengan air panas setengah gelas dan diminum dua kali dalam  sehari. Lalu bagii penderita asma, ambil oyong muda beserta tangkainya dan buatlah jus. Minumlah jus oyong ini dua kali sehari secara teratur.  Jika untuk melancarkan peredaran darah, menggunakanl oyong 20 gram dan jamur kuping hitam 20 gram. Bahan ini dimasak sesuai selera dan masakan berkhasiat ini bisa membantu  melancarkan peredaran darah ataupun menjaga kekebalan tubuh dari gangguan kesehatan.

Adapun pare antara lain membantu mendongkrak nafsu makan dan musuh  darah tinggi (hipertensi). Cara pemanfaatannya, antara lain pare dicuci sampai bersih dahulu selanjutnya dilembutkan. Hasilnya ditambah setengah gelas air bersih lalu diaduk dan diperas. Sehari cukup minum satu kali, semoga dalam waktu tak lebih dari dua minggu, keluhan tersebut dapat diatasi. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Apel India Sebagai Antioksidan

  JENIS buah apel India sering disebut juga putsa. Selain memiliki cita rasa khas, buah ini pun mempunyai beberapa manfaat

Close